PERBEDAAN KEMAMPUAN PENALARAN YANG DIAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DAN GROUP INVESTIGATION
Kata Kunci:
Pendidikan MatematikaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dan tipe Group Investigation. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen kuasi. Populasinya adalah seluruh siswa/i kelas X SMA Negeri 1 Pangkatan. Sampel yang digunakan adalah kelas X-1 (eksperimen 1) dengan model pembelajaran TAI dan kelas X-2 (eksperimen 2) dengan model pembelajaran GI. Pengumpulan data menggunakan instrumen soal tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis ANAVA. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan penalaran yang diajar melalui model pembelajaran TAI dan GI dengan Fhitung = 109,517 dan Ftabel = 4,007 atau Fhitung > Ftabel.
Kata Kunci : Penalaran; Team Assisted Individualization; dan Group Investigation
ABSTRACT This study aims to determine the differences in students mathematical reasoning abilities who are taugh with the Team Assisted Individualization and Group Investigation type cooperative learning models. This research is a quantitative research, with a quasi-experimental type of research. The population is all students of class X SMA Negeri 1 Pangkatan. The sample used was class X-1 (experiment 1) with TAI learning model and class X-2 (experiment 2) with GI learning model. Collecting data using the instruments of test questions, interviews and documentation. Data analysiis using ANOVA analysis. The result of this study indicate that there are differences in reasoning abilities taught the TAI and GI learning models with F count = 109,517and F table = 4,007 or F count > F table
.Keywords : reasoning, Team Assisted Individualization and Group Investigation