PERBEDAAN KEMAMPUAN PENALARAN YANG DIAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DAN GROUP INVESTIGATION

Penulis

  • Yuwana Listia Mahasiswa UIN Sumatera Utara
  • Hadis Purba UIN Sumatera Utara
  • Eka Khairani Hasibuan UIN Sumatera Utara

Kata Kunci:

Pendidikan Matematika

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dan tipe Group Investigation. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen kuasi. Populasinya adalah seluruh siswa/i kelas X SMA Negeri 1 Pangkatan. Sampel yang digunakan adalah kelas X-1 (eksperimen 1) dengan model pembelajaran TAI dan kelas X-2 (eksperimen 2) dengan model pembelajaran GI. Pengumpulan data menggunakan instrumen soal tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis ANAVA. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan penalaran yang diajar melalui model pembelajaran TAI dan GI dengan Fhitung = 109,517 dan Ftabel = 4,007 atau Fhitung > Ftabel.

Kata Kunci : Penalaran; Team Assisted Individualization; dan Group Investigation

ABSTRACT     This study aims to determine the differences in students mathematical reasoning abilities who are taugh with the Team Assisted Individualization and Group Investigation type cooperative learning models. This research is a quantitative research, with a quasi-experimental type of research. The population is all students of class X SMA Negeri 1 Pangkatan. The sample used was class X-1 (experiment 1) with TAI learning model and class X-2 (experiment 2) with GI learning model. Collecting data using the instruments of test questions, interviews and documentation. Data analysiis using ANOVA analysis. The result of this study indicate  that there are differences in reasoning abilities taught the TAI and GI learning models with F count = 109,517and F table = 4,007 or F count > F table

.Keywords : reasoning, Team Assisted Individualization and Group Investigation

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

25-10-2021

Cara Mengutip

Listia, Y., Purba, H., & Hasibuan, E. K. (2021). PERBEDAAN KEMAMPUAN PENALARAN YANG DIAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DAN GROUP INVESTIGATION. Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 129–134. Diambil dari https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan/article/view/58

Artikel Serupa

1 2 3 4 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>