PERBEDAAN BERPIKIR KREATIF DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MENGGUNAKAN TPS DAN JIGSAW
Kata Kunci:
Kemampuan Berpikir Kreatif, Kemampuan Pemecahan Masalah, Think Pair SharE, JigsawAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedan kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan Jigsaw kelas X SMA Negeri 1 Sei Kanan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen kuasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Sei Kanan Tahun Ajaran 2021/2022, yang selanjutnya dipilih sampel sebanyak dua kelas secara acak yaitu X IPA 1 dan X IPA 2. Data pada penelitian ini diperoleh melalui tes kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan pemecahan masalah pada siswa. Selanjutnya data dianalisis menggunakan analisis varians (ANAVA). Hasil penelitian memperlihatkan bahwa, (1) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share, dimana nilai Fhitung (152,629) > Ftabel (2,761); 2) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan pemecahan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, dimana nilai Fhitung (104,096) > Ftabel (3,006); 3) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan tipe Jigsaw, dimana nilai Fhitung (40,534) > Ftabel (3,006). 4) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan tipe Jigsaw, dimana nilai Fhitung (100,211) > Ftabel (3,006).
ABSTRACT
This study aims to determine the difference between students’ creative thinking skills and problem solving abilities using the Think Pair Share and jigsaw cooperative learning models for class X SMA Negeri 1 Sei Kanan. This research is a quantitative research with a quasi- experimental type. The population of this study was all students of class X-IPA 1 and X-IPA 2. The data in this study were obtained through tests of creative thinking skills and problem solving abilities. Problem with students. Furthermore, the data were analyzed using analysis of variance (ANOVA). The results of the study show that, (1) There are differences in creative thinking skills and problem solving abilities of student who are taught using the Think Pair Share cooperative learning model, where the value of Fcount (152.629) > Ftable (2.761); (2) There are differences in the creative thinking skills and solving abilities of students who are taught using the Jigsaw cooperative learning model, where the velue of Fcount (104.096) > Ftable (3.006); (3) There are differences in the creative thinking abilities of students who are
taugh using the Think Pair Share and Jigsaw cooperative learning models, where the value of Fcount (40.534) > Ftable (3.006); (4) There are difference in the problem solving abilities of students who are taugh using the Think Pair Share and Jigsaw cooperative learning models, where the value of Fcount (100.211) > (3.006).