PERBEDAAN PEMBELAJARAN ROLLING QUESTION DAN TAKE AND GIVE TERHADAP BERPIKIR KRITIS
Kata Kunci:
Berpikir Kritis, Model Pembelajaran Rolling Question, Model Pembelajaran Take and GiveAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar dengan pembelajaran Rolling Question dan Take and Give pada materi Fungsi di kelas X SMA Utama Medan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X SMA Utama Medan yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 40 siswa sekaligus menjadi sampel dalam penelitian ini. Instrument tes yang digunakan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif matematis siswa adalah tes berbentuk uraian. Selanjutnya, data dianalisis menggunakan analisis varians (ANAVA). Dari hasil analisis data dan pembahasan, diperoleh: Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Rolling Question dengan model pembelajaran Take and Give pada materi Fungsi dengan nilai Fhitung = 10,096 > Ftabel taraf α(0,05) = 4,085. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siwa yang diajar melalui model pembelajaran Take and Give lebih baik daripada model pembelajaran Rolling
Question.
ABSTRACT This study aims to determine the differences in students' critical thinking abilities who are taught by learning Rolling Questions and Take and Give on Functions material in class X SMA Utama Medan. This research is a quantitative research with a quasi-experimental type of research. The population is all students of class X SMA Utama Medan which consists of 2 classes with a total of 40 students as well as samples in this study. The test instrument used to determine students' critical thinking and mathematical creative thinking skills is a test in the form of a description. Furthermore, the data were analyzed using analysis of variance (ANOVA). From the results of data analysis and discussion, it is obtained: There are differences in the critical thinking abilities of students who are taught with the Rolling Question learning model with the Take and Give learning model on Function material with a value of Fcount = 10,096 > Ftable level (0,05) = 4,085. From the results of the study, it was found that the students' mathematical critical thinking skills taught through the Take and Give learning model were better than the Rolling Question learning model.