PERSEPSI GURU TERHADAP PENERAPAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Penulis

  • Rizqiani Br Gultom Mahasiswa UIN Sumatera Utara
  • Yahfizam Mahasiswa UIN Sumatera Utara
  • Tanti Jumaisyaroh Siregar Mahasiswa UIN Sumatera Utara

Kata Kunci:

Pendidikan Matematika

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang persepsi (pandangan) guru terhadap penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran matematika di Yaysan Pendidikan Nurul Amaliyah Tanjung Morawa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif fenomenologis. Metode yang di gunakan adalah metode wawancara. Popilasinya adalah guru-guru matematika di Yayasan Pendidikan Nurul Amaliyah Tanjung Morawa yang berjumlah 3 guru. Teknik pengumpulan data dilakukan pada natural setting. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian kualitatif menggunakan metode kualitatif yaitu pengamatan, wawancara, atau penelahan dokumen. Dalam penelitian ini, peneliti mengumpulkan data melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil temuan ini menunjukkan persepsi guru terhadap penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran matematika menyulitkan pendidik dalam menerapkan kurikulum 2013 serta para pendidik juga mendapatkan beberapa kendala tetapi masih ada kelebihan dan kekurangan serta mempunya dampak positif dan negatif dan juga belum berhasil dietrapkan dalam menerapkan kurikulum 2013 pada mata pelajaran matematika.

Kata Kunci : Persepsi Guru; Penerapan Kurikulum 2013;

 

ABSTRACT   This study aims to determine the teacher's perception (view) of the implementation of the 2013 curriculum in mathematics at the Nurul Amaliyah Educational Foundation, Tanjung Morawa. This research is a phenomenological qualitative research. The method used is the interview method. The population is mathematics teachers at the Nurul Amaliyah Education Foundation Tanjung Morawa, totaling 3 teachers. The data collection technique was carried out in a natural setting. To collect data in qualitative research using qualitative methods, namely observation, interviews, or document review. In this study, researchers collected data through interviews and documentation. These findings indicate that teachers' perceptions of the implementation of the 2013 curriculum in mathematics subjects make it difficult for educators to apply the 2013 curriculum and educators also encounter some obstacles but there are still advantages and disadvantages and have positive and negative impacts and have also not been successfully applied in implementing the 2013 curriculum in subjects math

Keyword: Teacher perception, 2013 curriculum implementation

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

25-10-2021

Cara Mengutip

Br Gultom, R., Yahfizam, & Siregar, T. J. (2021). PERSEPSI GURU TERHADAP PENERAPAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA. Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 122–128. Diambil dari https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan/article/view/57

Artikel Serupa

1 2 3 4 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 > >>