PERBEDAAN KEMAMPUAN VISUAL SPASIAL DAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI MODEL CTL DAN PBL
Kata Kunci:
Kemampuan Visual Spasial, Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Pembelajaran CTL, Model Pembelajaran PBLAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan visual spasial dan kemampuan pemecahan masalah matematis melalui model pembelajaran CTL dan PBL kelas XI SMAS YPK Medan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh kelas XI SMAS YPK Medan tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 4 kelas. Sampel yang digunakan oleh peneliti adalah kelas MIPA-1 dan MIPA-2 yang masing-masing berjumlah 21 siswa untuk dijadikan kelas eksperimen I dan II yang diperoleh dengan cara Cluster Random Sampling. Analisis data yang dilakukan dengan analisis varians (ANAVA). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Kemampuan visual spasial melalui model CTL dan PBL adalah 0,70 < 4,09; 2) Kemampuan pemecahan masalah matematis melalui model CTL dan PBL adalah 4,71 > 4,09; 3) Kemampuan visual spasial dan pemecahan masalah matematis melalui model CTL dan PBL adalah 4,69 > 3,96. Penelitian ini tidak memiliki perbedaan antara kemampuan visual spasial melalui model CTL dan PBL, tetapi memiliki perbedaan antara kemampuan pemecahan masalah matematis melalui model CTL dan PBL serta kemampuan visual spasial dan pemecahan masalah melalui model pembelajaran CTL dan PBL.
ABSTRACK This study aims to determine the differences in spatial visual ability and mathematical problem solving ability through the CTL and PBL learning models of class XI SMAS YPK Medan. This research is a quantitative research with a quasi-experimental type of research. The population is the entire class XI of SMAS YPK Medan for the 2021/2022 school year which amounts to 4 classes. The samples used by the researchers were the MIPA-1 and MIPA-2 classes, each of which amounted to 21 students to be used as experimental classes I and II obtained by means of Cluster Random Sampling. Data analysis was performed by variance analysis (ANAVA). The results of this study show that: 1) Spatial visual ability through CTL and PBL models is 0.70 < 4.09; 2) Mathematical problem solving ability through CTL and PBL models is 4.71 > 4.09; 3) Spatial visual ability and mathematical problem solving through the CTL and PBL models is 4.69 > 3.96. This study does not have a difference between spatial visual ability through CTL and PBL models, but it does have differences between mathematical problem solving ability through CTL and PBL models as well as spatial visual and problem-solving capabilities through CTL and PBL learning models