PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL SFE DAN QUANTUM TEACHING

Penulis

  • Yoga Feby Khoirus UIN Sumatera Utara Medan
  • Yahfizham UIN Sumatera Utara Medan
  • Eka Khairani Hasibuan UIN Sumatera Utara Medan

Kata Kunci:

Kemampuan Berpikir Logis, Kemampuan Pemecahan Masalah, Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining (SFE), Quantum Teaching

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Kemampuan Berpikir Logis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining (SFE) Dan Model Pembelajaran Quantum Teaching Di MTs Persiapan Negeri 4 Medan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Analisa data menggunakan analisis varian (ANAVA) dan telah terpenuhi prasyarat sampel berasal dari populasi berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil post-test menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan antara hasil kemampuan berpikir logis matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran SFE dengan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching dengan F hitung = 7,58413 dan nilai F tabel pada taraf (a = 0,05) = 4,00687 yang berarti F hitung > F tabel sehingga menolak Ho dan menerima Ha; (2) Tidak Terdapat perbedaan antara hasil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran SFE dengan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching. Dengan F hitung= 0,027783
dan nilai F tabel pada taraf (a = 0,05) = 4,006873 yang berarti F hitung <F tabel sehingga menerima Ho dan menolak Ha.

ABSTRACT            This study aims to determine the difference between the ability to think logically and the ability to solve mathematical problems of students who are taught using the Cooperative Learning Model of the Student Facilitator and Explaining (SFE) Type and the Quantum Teaching Learning Model at MTs Negeri 4 Medan. This research is a quantitative research, with a quasi-experimental research type. Data analysis used analysis of variance (ANOVA) and the prerequisites for the sample came from a normally distributed and homogeneous population. The results of the post-test show that (1) there is a difference between the results of students' mathematical logical thinking skills taught using the SFE learning model and students taught using the Quantum Teaching learning model with F count = 7.58413 and the F table value at level (a = 0.05) = 4.00687 which means F count > F table so that it rejects Ho and accepts Ha; (2) There is no difference between the results of the mathematical problem solving abilities of students who are taught using the SFE learning model and students who are taught using the Quantum Teaching learning model. With F count = 0.027783 and the value of F table at level (a = 0.05) = 4.006873 which means F count <F table so that it accepts Ho and rejects Ha.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Hamzah, A. dan M. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Raja Grafindo Persada.

Haryanto. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Demographic Research. 49(0). 1–33.

Imswatama, A., & Lukman, H. S. (2018). The Effectiveness of Mathematics Teaching Material Based on Ethnomathematics. International Journal of Trends in Mathematics Education Research. 1(1). 35–38. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v1i1.11

Nugraha, Tantan Sutandi dan Mahmudi, A. (2015). Keefektifan Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Problem Posing. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika. 2(1). 107–120.

Rustaman, N. . (2011). Pendidikan dan Penelitian Sains dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi untuk Pembangunan Karakter. Prosiding Seminar Biologi. 16–34.

Solso, R. L. (2008). Psikologi Kognitif. Erlangga.

Trianto. (2007). Model Pembelajaran Inovatif. Indonesia.

Unduhan

Diterbitkan

27-02-2023

Cara Mengutip

Khoirus, Y. F., Yahfizham, & Hasibuan, E. K. (2023). PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL SFE DAN QUANTUM TEACHING. Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 57–64. Diambil dari https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan/article/view/808

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 6 > >>