PERBEDAAN PEMAHAMAN KONSEP DAN BERPIKIR KREATIF MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MMP DAN MEDIA PPT
Kata Kunci:
Kema mpuan Pemahaman Konsep, Kemampuan berpikir kreatif, Model Pembelajaran MMP, Microsoft Power PointAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran MMP (Missouri Mathematics Project) dan media Microsoft Power di kelas X SMA IT Al-Fityan School Medan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen, Populasi pada penelitian ini adalah kelas X-1 dan X-2 yang berjumlah 20 siswa.Teknik pengambilan sampel yang merupakan sampling jenuh.Analisis data dengan ANAVA.Hasil temuan ini menunjukkan: 1)Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran MMP dan PPT dengan Fhitung=22,75 pada taraf (a= 0,05) = 4,08; 2)Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran MMP dan PPT dengan Fhitung=65,42 pada taraf (a=0,05)=4,08; 3)Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran MMP dengan Fhitung= 9,42 pada taraf (a= 0,05) = 4,08 ; 4)Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep dan berpikir kreatif matematis siswa yang diajar menggunakan PPT Fhitung = 41,32 pada taraf (a= 0,05) = 4,03
ABSTRACK This study aims to determine the differences in the ability to understand concepts and mathematical creative thinking skills of students who are taught using the MMP (Missouri Mathematics Project) learning model and Microsoft Power media in class X SMA IT Al-Fityan School Medan. This study uses a quantitative method, with a quasi-experimental type of research. The population in this study is class X-1 and X-2, totaling 20 students. The sampling technique is saturated sampling. Data analysis using ANOVA. These findings show: 1) There are differences in the ability to understand mathematical concepts of students who are taught with MMP and PPT learning models with Fcount = 22.75 at level (a = 0.05) = 4.08; 2) There are differences in students' mathematical creative thinking abilities who are taught with MMP and PPT learning models with Fcount = 65.42 at level (a = 0.05) = 4.08; 3) There are differences in the ability to understand concepts and creative thinking skills of students who are taught using the MMP learning model with Fcount = 9.42 at level (a = 0.05) = 4.08; 4) There are differences in the ability to understand mathematical concepts and creative thinking of students who are taught using PPT Fcount = 41.32 at level (a = 0.05) = 4.03