STUDI LITERATUR REVIEW: KESULITAN BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA
Kata Kunci:
Kesulitan Belajar, Mahasiswa, MatematikaAbstrak
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui letak kesulitan belajar mahasiswa pendidikan matematika yang menjadi perhatian penting dalam pengembangan pendidikan matematika. Berbagai faktor internal dan eksternal mempengaruhi kesulitan belajar ini, termasuk kemampuan individu dan lingkungan belajar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode literatur. Pengumpulan data dilakukan dengan mendokumentasikan semua artikel yang memiliki penelitian serupa dengan laporan penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesulitan belajar mahasiswa dalam mata pelajaran matematika merupakan masalah yang kompleks dan signifikan.
ABSTRACT This research was conducted to determine the learning difficulties of mathematics education students which are an important concern in the development of mathematics education. Various internal and external factors influence these learning difficulties, including individual abilities and the learning environment. The method used in this research is the literature method. Data collection was carried out by documenting all articles that had research similar to this research report. The results of this research indicate that student learning difficulties in mathematics are a complex and significant problem.
Unduhan
Referensi
Annur, M. F., & &, H. (2020). ANALISIS KESULITAN MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 195-201.
Arfani, L. (2016). Mengurai Hakikat Pendidikan, Belajar dan Pembelajaran. Pelita Bangsa Pelestari Pancasila, 11(2), 81–97.
Alang, H. M. S. (2019). Urgensi Diagnosis Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar. Open Journel Systmes, 3(15), 1–14
Angranti, W. (2016). Problematika Kesulitan Belajar Siswa. Gerbang Etam, 10(1), 31.
Faizah, S. N. (2017). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. 1 (2).
Habsy, B. A. (2017). Seni Memehami Penelitian Kuliatatif Dalam Bimbingan Dan Konseling : Studi Literatur. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 90.
Mabruria, A. (2021). Konsep Diagnosis Kesulitan Belajar Dalam Proses Pembelajaran. Muhafadzah, 1(2), 80-92.
Monariska, E. (2019). ANALISIS KESULITAN BELAJAR MAHASISWA PADA MATERI INTEGRAL. Jurnal Analisa, 9-19.
Nurhikmayati, I. (2017). ANALISIS KESULITAN BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KLIAH MATEMATIKA DASAR. Theorems , 74-85.
Parinata, D., & Puspaningtyas, N. D. (2022). STUDI LIETRATUR: KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MAHASISWA PADA MATERI INTEGRAL. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JIMR), 94.
Putra, R. E. E., Silalahi, J., & Gusmareta, Y. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Mata Kuliah Mekanika Teknik Semester Januari-Juni 2016 Program Studi Teknik Sipil Dan Bangunan FT-UNP. Cived, 5(3), 1–9.
Sari, A. N., Wahyuni, R., & Rosmaiyadi, R. (2016). Penerapan Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Aljabar Kelas VIII SMP Negeri 10 Pemangkat. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 20
Takaendengan, B. R., Asriadi, A., & Takaendengan, W. (2022). ANALISIS KESULITAN BELAJAR MAHASISWA PADA MATERI KALKULUS LANJUT. Sepren, 65-75.
Yassin, M., & Netriwati. (2019). Analisis Kesulitan Belajar: Dampak Latar Belakang Kejuruan di Tinjau dari Proses Pembelajaran Matematika Perguruan Tinggi. Desimal: Jurnal Matematika, 59-67.
Zulhendri, Z. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Aljabar Linear Berbantuan Matlab. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 122-134.