PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN REPRESENTASI MATEMATIS YANG DIAJARKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD DAN KONVENSIONAL
Kata Kunci:
Kemampuan Komunikasi Matematis, Kemampuan Representasi Matematis, STAD, KonvensionalAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Perbedaan kemampuan komunikasi dan representasi matematis siswa yang diajar menggunakan model kooperatif tipe STAD dan model konvensional. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperiment). Data dianalisis secara deskriptif dan menggunakan teknik Two Way ANAVA dan dilanjutkan dengan uji Tukey. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, diperoleh: Kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe STAD meningkat; Kemampuan representasi matematis siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe STAD meningkat; Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar menggunakan model kooperatif tipe STAD dan model Konvensional; Terdapat perbedaan kemampuan representasi matematis siswa yang diajar menggunakan model kooperatif tipe STAD dan model Konvensional.
ABSTRACT This research aims to determine: Differences in the mathematical communication and representation abilities of students taught using the STAD type cooperative model and the conventional model. This type of research is quasi-experimental. Based on the results of data analysis and discussion, it was obtained: The mathematical communication skills of students taught using the STAD type cooperative model increased; The mathematical representation ability of students taught using the STAD type cooperative model increases; There are differences in the mathematical communication abilities of students who are taught using the STAD type cooperative model and the conventional model; There are differences in the mathematical representation abilities of students who are taught using the STAD type cooperative model and the conventional model.
Unduhan
Referensi
Anderha, R. R., & Maskar, S. (2020). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa pada pembelajaran daring materi eksponensial. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 1(2), 1–7.
Anwar, N. T. (2018). Peran Kemampuan Literasi Matematis pada Pembelajaran. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 364–370.
Hayati, S. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. In Magelang: Graha Cendekia.
Huda, U., Musdi, E., & Nari, N. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Ta’bid, vol.22,no.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
Permendiknas, R. I. (2006). Nomor 22 Tahun 2006 (p. 595).
Qohar, A. (2017). Pengembangan Instrumen Tes. Lumbung Pustaka UNY.
Suprayitno, T. (2018). Pendidikan di Indonesia Belajar Dari Hasil PISA 2018. 021.
Syafaruddin. (2015). MANAJEMEN ORGANISASI PENDIDIKAN Perspektif Sains dan Islam (C. Wijaya & Mesiono (eds.)). PERDANA PUBLISHING.
Wulandari, A. A., & Astutiningtyas, E. L. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematika Mahasiswa Dalam Pembelajaran Relasi Rekurensi. Jurnal Math Educator Nusantara (JMEN), 6(1), 54–64.