KAJIAN LITERATUR MENGENAI ANALISIS KESULITAN MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA DALAM PROSES PEMBELAJARAN
Kata Kunci:
kajian literatur, kesulitan belajar , pembelajaran matematikaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan seberapa baik mahasiswa memahami dan menerapkan pemebelajaran matematika. Tinjauan pustaka adalah jenis pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini. Pengumpulan data, reduksi data, tampilan data, diskusi, dan kesimpulan adalah tahapan-tahapan dari tinjauan literatur ini. Temuan dari 14 publikasi yang diterbitkan antara 2018 sampai 2023 menunjukkan bahwa Menurut analisis, mahasiswa pendidikan matematika memiliki kesulitan dalam menyelesaikan soal maupun dalam menjalankan matakuliah hariannya, antara lain: (1) rendahnya kemampuan matematis yang dimiliki mahasiswa dalam mengerjakan soal, (2) kesalahan pada konsep yang dilakukan oleh mahasiswa.
ABSTRACT This research aims to describe how well students understand and apply mathematics learning. Literature review is a type of research approach used in this research. Data collection, data reduction, data display, discussion and conclusions are the stages of this literature review. Findings from 14 publications published between 2018 and 2023 show that according to the analysis, mathematics education students have difficulties in solving problems and in carrying out their daily courses, including: (1) low mathematical abilities of students in working on problems, (2) errors in concepts carried out by students.
Unduhan
Referensi
Astuti & Nuhidayah Sari. (2018). Analisi Kesulitan Belajar Struktur Aljabar Di STKIP Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Pendidikan Matematika. 12(2), 73-80.
Hanifah., dkk (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Pada Mata Kuliah Analisis Real. Jurnal Cedekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 7(3), 3216-3228.
Hidayah, Nurul., Danial., & Takdir. (2021). Diagnostik Kesulitan Belajar Mahasiswa Pada Matakuliah Kalkulus Program Studi Tadris Matematika IAIM Sinjai. Jurnal Tadris Matematika (JTMT). 2(2), 31-39.
Kartika, Era Dewi & Nok Izatul Yazidah. (2019). Analisis Kemampuan Pembuktian Matematis Pada Matakuliah Analisis Real Berdasarkan Adversity Quotient. Prima; Jurnal Pendidikan Matematika. 3(2), 152-157.
Laja, Yosepha Patracia Wua. (2022). Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Maatematika dalam Menyelesaikan Soal Limit Trigonometri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. 11(1), 37–48.
Lase, Sadiana. (2021). Identifikasi Kesulitan Belajar Mahasiswa Pada Matakulian Aljabar Elementer. Edumaspul Jurnal Pendidikan. 5(2), 918-927.
Monariska, Erma. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa pada Materi Integral. Jurnal Analisa, 5(1), 9–19. https://doi.org/10.15575/ja.v5i1.4181
Novitasari, Dewi & Heni Pujiastuti. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Mahasiswa Pada Materi Analisis Real berdasarkan Taksonomi Bloom Ditinjau dari ranah Kognitif. Maju. 7(2), 153-163.
Nurrahmah, Arfatin & Abdul Karim. (2018). Analisis Kemampuan Pembuktian Matematis Pada Matakuliah Teori Bilangan. Jurnal Edumath. 4(2), 21-29.
Qomariyah, Siti & Ummi Rosydah. (2022). Kesulitan Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika Pada Mata Kuliah Analisis Real. Jurnal educatio. 1(2), 396-400.
Sundawan, Mohammad Dadan., dkk. (2018). Kajian Kesulitan Belajar Mahasiswa Dalam Kemampuan Pembuktian Matematis Ditinjau dari Aspek Epistemologi Pada Matakuliah Geometri Transformasi. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. 4(1), 13-26.
Suwanti, Vivi & Trija Fayeldi. (2018). Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Menyelesaikan Masalah Pembuktian Pernyataan Matematika. Jurnal Tadris Matematika. 1(2), 175-184.
Takaendengan, Bertu Rianto., dkk. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Pada Matakuliah Kalkulus Lanjut. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied. 03(02), 67-75.
Widodo, Suryo., dkk. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Matematika pada Pemecahan Masalah Analisis Real. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. 04(02), 1-14.