PERBEDAAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DAN DIRECT INSTRUCTION

Penulis

  • Rizki Husnaini UIN Sumatera Utara
  • Yahfizham UIN Sumatera Utara
  • Eka Khairani Hasibuan UIN Sumatera Utara

Kata Kunci:

Minat Belajar, Hasil Belajar, Model Make A Match, Model Direct Intsruction

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan minat dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Make A Match dan Direct Intsruction siswa kelas XI. Populasinya adalah siswa kelas XI yang terdiri dari 2 kelas. Kelas XI-1 berjumlah 20 orang sebagai kelas eksperimen 1 dengan model pembelajaran Make A match, dan XI-2 berjumlah 20 orang sebagai kelas eksperimen II dengan odel Direct Intruction. Instrumen dalam penelitian ini berbentuk angket minat belajar dan tes uraian . Hasil penelitian, diperoleh uji normalitas kelas eksperimen I angket minat Lhitung = 0,140. Kelas eksperimen pre-test Lhitung = 0,136  dan post-test Lhitung = 0,070. Sedangkan kelas eksperimen II angket minat belajar Lhitung = 0,136. Kelas eksperimen II pre-test Lhitung = 0,153 dan post-test Lhitung = 0,146.
Berdasarkan Ltabel = 0,190 data dari kelas eksperimen I dan eksperimen II tersebut dinyatakan berdistribusi normal dengan Lhitung < Ltabel. Uji homogenitas diperoleh hasil angket minat belajar Fhitung = 0,847. Nilai pre-test Fhitung = 0,961, dan post-test Fhitung = 0,562. Berdasarkan Ftabel = 2,171 diperoleh Fhitung < Ftabel , sehingga kedua sampel homogen. Uji hipotesis Uji-t, untuk hipotesis pertama diperoleh thitung > ttabel dengan 1,722
> 1,685 menyatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Hipotesis kedua diperoleh thitung > ttabel dengan 1,919 > 1,685 menyatakan Ho ditolak dan Ha diterima.

ABSTRACT                     This study aims to determine differences in interest and learning outcomes through the Make A Match and Direct Instruction learning model for class XI The population is class XI which consists of 2 classes. Class XI-1 consisted of 20 people as experimental class 1 with the Make A match learning model, and XI-2 consisted of 20 people as experimental class II with Direct Instruction model. The instruments in this study were in the form of a learning interest questionnaire and a description test. The results of the study, obtained the normality test of the experimental class I interest questionnaire Lcount = 0.140. The experimental class pre-test L count = 0.136 and post-test L count = 0.070. While the experimental class II questionnaire of learning interest L count = 0.136. Experimental class II pre-test L count = 0.153 and post-test L count = 0.146. Based on Ltable = 0.190, the data from the experimental class I and experiment II were declared to be normally distributed with Lcount < Ltable. The homogeneity test obtained the results of the interest in learning questionnaire Fcount = 0.847. The pre-test value Fcount = 0.961, and the post-test Fcount = 0.562. Based on Ftable = 2.171, Fcount < Ftable is obtained, so that the two samples are homogeneous. Hypothesis test T-test, for the first hypothesis obtained tcount > ttable with 1,722 > 1,685 stating Ho is rejected and Ha is accepted. The second hypothesis is obtained tcount > ttable with 1,919 > 1,685 stating Ho is rejected and Ha is accepted.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

28-04-2022

Cara Mengutip

Husnaini, R., Yahfizham, & Hasibuan, E. K. (2022). PERBEDAAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DAN DIRECT INSTRUCTION. Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 153–160. Diambil dari https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan/article/view/299

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 6 7 > >>