PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBM-B3 UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN ANALISIS MATEMATIS SISWA
Kata Kunci:
PBM-B3, Kemampuan pemecahan masalah matematis, Kemampuan Analisis Matematis, Budaya MandailingAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan analisis matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran PBM-B3 dalam konteks Budaya Mandailing di MA Syekh Sulaiman Baqi. Metode penelitian menggunakan quasi eksperimen (quasi eksperimental design). Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas X MA Syekh Sulaiman Baqi dengan jumlah sampel 25 siswa kelompok eksperimen dan 28 siswa kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan tes. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar mengggunakan model PBM-B3 dalam konteks Budaya Mandailing. (2) terdapat peningkatan kemampuan analisis matematis siswa yang diajar menggunakan model PBM-B3 dalam konteks Budaya Mandailing. (3) terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan analisis matematis siswa yang diajar menggunakan model PBM-B3 dalam konteks Budaya Mandailing.
ABSTARCT This study aims to improve students' problem-solving and mathematical analysis abilities through the application of the PBM-B3 learning model in the context of Mandailing Culture at MA Syekh Sulaiman Baqi. The research method uses quasi-experimental (quasiexperimental design). The population of this study were class X students of MA Sheikh Sulaiman Baqi with a total sample of 25 students in the experimental group and 28 students in the control group. The data collection technique is by using a test. The results of the study revealed that (1) there was an increase in the mathematical problem solving abilities of students who were taught using the PBM-B3 model in the context of Mandailing Culture. (2) there is an increase in the mathematical analysis abilities of students who are taught using the PBM-B3 model in the context of Mandailing Culture. (3) there is an increase in the ability to solve mathematical problems and mathematical analysis of students who are taught using the PBM-B3 model in the context of Mandailing Culture.
Unduhan
Referensi
Cintamulya, Imas. (2012). Perananan Pendidikan dalam Mempersiapkan Sumber Daya Manusia Di Era Informasi dan Pengetahuan. Tuba: Jurnal Formatif.
Gunantara, dkk. (2014) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, Vol.2(1)
Hendriana, Heris dkk. (2014). Hard Skills dan soft skills Matematika Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.
Lubis, Aulia rahmi. (2019). Pengaruh model pembelajaran Inkuiri dan Numbered Head Together (NHT) terhadap kemampuan koneksi dan disposisi matematis siswa pada materi program linear Di SMA N 5 Binjai TP 2018/2019. Medan : UINSU,2019.
Sinaga, Bornok. (2008). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berdasarkan Masalah Berbasis Budaya Batak (PBM-B3).
Sirate, F.S. (2012). Implementasi Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika pada Jenjang Pendidikan sekolah dasar. Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.