PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI DAN KECEMASAN TERHADAPKEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS
Kata Kunci:
Kepercayaan Diri, Kecemasan, Kemampuan Pemecahan Masalah MatematisAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan diri dan kecemasan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII MTs pada materi teorema Pythagoras baik secara parsial ataupun silmultan. Metodologi penelitian menggunakan ex-post facto. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Medan dengan jumlah sampel 30 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah uji regresi linier sederhana dan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, secara parsial kepercayaan diri dan kecemasan tidak berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan koefisien regresi kepercayaan diri sebesar 0,205 (20,5%), dan koefisien regresi kecemasan sebesar 0,057 (5,7%), sedangkan secara simultan kepercayaan diri dan kecemasan berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan koefisien determinasi dengan nilai R Square sebesar 0,800 atau 80%. Artinya pengaruh kepercayaan diri dan kecemasan siswa secara simultan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika adalah sebesar 80%, sedangkan sisanya sebesar 20% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat pada penelitian ini.
ABSTRACT This research aims to determine the influence of self-confidence and anxiety on the mathematical problem solving abilities of class VIII MTs students on the Pythagorean theorem material either partially or simultaneously. The research methodology uses ex-post facto. The research population was class VIII students at MTs Negeri 1 Medan with a sample size of 30 students. The sampling technique uses purposive sampling technique. The analysis techniques used are simple linear regression tests and multiple linear regression tests. The results of this study indicate that, partially self-confidence and anxiety have no effect on students' mathematical problem solving abilities with a self-confidence regression coefficient of 0.205 (20.5%), and an anxiety regression coefficient of 0.057 (5.7%), while simultaneously self-confidence and anxiety influence students' mathematical problem solving abilities with a coefficient of determination with an R Square value of 0.800 or 80%. This means that the influence of students' self-confidence and anxiety simultaneously on mathematical problem solving abilities is 80%, while the remaining 20% is influenced by other variables not included in this research.
Unduhan
Referensi
Evi, et al. 2021. Kecemasan Siswa Sekolah Menengah Pertama Dalam Menyelesaikan Masalah SPLDV Pada Kelas Virtual. Jurnal Progressisve Mathematics Education, 63-84.
Fatimah, A., E., et al. (2020). Hubungan resiliensi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa pada mata kuliah Matematika dasar. Journal of Didactic Mathematics, 1 (3), 151-157.
Fitria, I., R. & Noor, I.,A. (2021). Analisi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siwa Smp Pada Materi Bilangan Bulat. MAJU 8 (2), hal 60-66.
Hidayat, M. (2019). Pengaruh Kecemasan dan Kepercayaan Diri terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 130-145.
Husnul, K. (2019). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 116-123.
Indra, et al. (2023). Pengaruh Sikap Ilmiah Dan Kepercayaan Diri Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ilmu Pengetahuan Alam (Survei pada SMP Swasta di Kabupaten Bogor). Jurnal Pendidikan MIPA, 205 – 215.
Jalal, N. M. (2020). Kecemasan Siswa pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 257–258.
Julya, dan Nur. (2022). Studi Literatur Mengenai Kecemasan Matematis Terhadap Pembelajaran Matematika. Jurnal Didactical Mathematics, hal 181 – 190.
Lutfiyah, et al. (2019). Pengaruh Kecemasan Matematika Dan Kepercayaan Diri Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Aritmetika Sosial Smp Negeri 14 Malang. Pendidikan Dan Profesi Pendidik, 49-53.
Mangampang, T., et al. (2023). Pengaruh Kecemasan dan Self-Efficacy Siswa Kelas VII SMPN 2 Sanggalangi Satap terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Dasar, 241-257.
Nugroho, A. (2022). Analisis Pengaruh Simultan Kecemasan dan Kepercayaan Diri terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 18(3), 275-290.
Purnamasari, I., dan Setiawan, W. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP pada materi SPLDV ditinjau dari kemampuan awal matematika. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3 (2), 207-215.
Putri, F. (2020). Kecemasan dalam Belajar Matematika dan Pengaruhnya terhadap Kinerja Siswa. Jurnal Pendidikan Psikologi, 12(1), 95-108.
Rahmatiya, R., dan Miatun, A. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari resiliensi matematis siswa SMP. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5 (2), 187-202.
Rahman, A. (2019). Pengaruh Kepercayaan Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 26(2), 175-189.
Rustam, A., et al. (2023). “ Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis ditinjau dari Kepercayaan Diri Siswa SD Kelas V “. Arus Jurnal Pendidikan, 3 (3), 165-171.
Santoso, R. (2020). Pengaruh Kecemasan Matematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 28(3), 210-222.
Sari, R., & Dewi, L. (2020). Hubungan Antara Kepercayaan Diri, Kecemasan, dan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan, 25(4), 198-210.
Septhiani, S. (2022). Analisis Hubungan Self-Efficacy Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika . Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6 (3), 3078-3086.
Setiawan, M., et al. (2021). “ Tinjauan pustaka systematik: Pengaruh kecemasan matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa”. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13 (2), 239-256.
Sriwahyuni, K., dan Maryati, I. (2022). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (2), 335-344.
Sugiharto, B. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 32(1), 45-60.
Sugiyono. (2019). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN (Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D). Alfabeta.
Suryani, E. (2021). Hubungan Kepercayaan Diri dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 36(2), 123-134.
Wahyuni, T. (2021). Kecemasan Matematika dan Hubungannya dengan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 35(1), 120-135.