PENGARUH MODEL RESOURCE BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

Penulis

  • Camelia . Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rusydi Ananda UIN Sumatera Utara Medan
  • Tanti Jumaisyaroh Siregar UIN Sumatera Utara Medan

Kata Kunci:

Resourch Based Learning, Kemampuan Bepikir Kritis, Pemecahan Masalah

Abstrak

Permasalahan yang sering dihadapi dalam dunia pendidikan matematika adalah rendahnya tingkat kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Rendahnya kemampuan tersebut disebabkan oleh model pembelajaran yang kurang efektif dalam mengembangkan minat, bakat dan potensi yang ada di dalam diri peserta didik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran resource based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada kelas XI IPS MAPN 4 Medan. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain Pre-experimental design. Dari data yang diperoleh bahwa kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran resource based learning, dikelas XI IPS 1 MAPN 4 Medan mempeorleh nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis matematika siswa dengan nilai pre-test sebesar 29,531 dan post-test sebesar 81,875. Sedangkan kemampuan pemecahan masalah memperoleh nilai rata-rata pre-test sebesar 28,156, dan post-test sebesar 83,656. Maka dari data tersebut menunjukkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran resource based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa

ABSTRACT     The problem that is often faced in the world of mathematics education is the low level of students' critical thinking skills and problem solving abilities. This low ability is caused by a learning model that is less effective in developing the interests, talents and potential that exist within students. The purpose of this study was to determine the effect of the resource-based learning model on students' problem solving abilities in class XI IPS MAPN 4 Medan. In this study using quantitative research methods with pre-experimental design. From the data it was found that the critical thinking skills and problem solving abilities of students who were taught using the resource-based learning model, in class XI IPS 1 MAPN 4 Medan obtained an average score of students' mathematical critical thinking skills with a pre-test score of 29.531 and a post- test of 81.875. Meanwhile, the problem-solving ability obtained an average pre-test score of 28.156, and a post-test of 83.656. So, from the data obtained it shows that there is an influence of the resource-based learning model on students' critical thinking skills and students' mathematical problem solving abilities

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Bagas F, M. (2017). Pengaruh Pendekatan Resourch Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Lelas XI MAN 3 Medan. Skripsi: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. http://repository.uinsu.ac.id/4266/1/SKRIPSI%20JADI

Ennis, R.H. (1996). “Critical Thinking”. New Jersey: Prentice Hall Inc.

Juanda. M. dkk. (2014) Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMP melalui Model Pembelajaran Means-ends Analysis (MeA). Jurnal Kreano: Matematika FMIPA UNNES. 2(5), 105-113. https://www.researchgate.net/publication/307772746.

Kalsum, Ummi. (2019). “Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Resouch Based Learning (RBL) Dalam Pembelajaran IPA” Skripsi: IAIN Bengkulu. http://repository.iainbengkulu.ac.id/3567/

Mawaddah.S. dkk. (2015). “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generatif Learning”. FKIP: Universitas Lampung Mangkurat 2(3). https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/edumat/article/view/644.

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut. 2 (5). 148.

https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv5n2_12.

Suryosubroto. (2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipt.

Unduhan

Diterbitkan

30-06-2023

Cara Mengutip

., C., Ananda, R., & Siregar, T. J. . (2023). PENGARUH MODEL RESOURCE BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA. Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 333–337. Diambil dari https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan/article/view/868

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 > >>