PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PEMBELAJARAN VISUAL THINKING PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG
Kata Kunci:
Lembar Kerja Peserta Didik, Visual Thinking, Bangun Ruang Sisi LengkungAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk Lembar Kerja Peseta Didik berbasis Pembelajaran Visual Thinking pada materi Bangun Ruang Sisi Lengkung kelas IX yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan pengembangan Research and Development (R&D) model Plomp. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas IX MTs Al-Islamiyah Beringin yang berjumlah 35 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif, Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembr valdasi, soal tes dan angket. Hasil analisis LKPD dari para validator diperoleh indeks sebesar 0,86 untuk ahli materi memiliki kategori tinggi atau sangat valid, nilai indeks dari ahli media sebesar 0,76 dengan kategori sedang atau valid, dan nilai indeks dari ahli bahasa sebesar 0,87 dengan kategori tinggi atau sangat valid. Klasifikasi angket guru memenuhi kriteria sangat baik dengan skor rata-rata 4,6 dari skor maksimal 5,00 dan hasil angket peserta didik memenuhi kriteria kuat atau praktis dengan presentase 83,05% yang menunjukkan bahwa LKPD berbasis pembelajaran visual thinking memiliki kualitas praktis. Keefektifan berdasarkan ketuntasan belajar siswa setelah menggunakan LKPD sangat efektif sebesar 85% (siswa yang mendapatkan skor 75) dimana hasil belajar mengalami peningkatan 57%, sehingga LKPD berbasis pembelajaran visual thinking sangat efektif digunakan dalam pembelajaran.
ABSTRACT This research aims to produce Student Worksheet products based on Visual Thinking Learning in Building Curved Side Space material for class IX that are valid, practical and effective. This research uses the Research and Development (R&D) Plomp model. The subjects of this research were 35 students in class IX of MTs Al-Islamiyah Beringin. The data analysis techniques used were qualitative and quantitative. The data collection techniques used were validation sheets, test questions and questionnaires. The results of the LKPD analysis from the validators obtained an index of 0.86 for material experts in the high or very valid category, the index value from media experts was 0.76 in the medium or valid category, and the index value from language experts was 0.87 in the high category. or very valid. The teacher questionnaire classification meets the criteria of very good with an average score of 4.6 out of a maximum score of 5.00 and the results of the student questionnaire meet the criteria of being strong or practical with a percentage of 83.05% which shows that the LKPD based on Visual Thinking learning has practical quality. Effectiveness based on student learning completeness after using LKPD is very effective at 85% (students who get a score ≥75) where learning outcomes have increased by 57%, so that LKPD based on visual Thinking learning is very effective for use in learning.
Unduhan
Referensi
Adnyana, K. P., & Suparta, I. N. (2021). Pengaruh Pendekatan Visual Thinking Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Tejakula. Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, Vol 10(No 1), hlm 17-26.
Andhin Dyas Fioiani. (2019). Pembelajaran Geometri. 2, 63–98.
Auliya, L., & N, L. (2020). the Development of Miss Ppl (Advanced Microsoft Power Point) Learning Media At Elementary School. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 4(4), 703. https://doi.org/10.33578/pjr.v4i4.8027
Berlianti. (2018). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Visual Thinking Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP Islam YLPI Pekanbaru. 1–54.
Ernawati, I. (2017). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 204–210. https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i2.17315
Florita, Yusri, A. Z. dan D. (2020). Pengembangan E-LKPD Green GREEN CHEMISTRY UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI ASAM BASA. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809–820.
Ginting, G. (2019). Meningkatkan Kemampuan Siswa Menentukan Unsur-Unsur Segitiga Menggunakan Aturan Kosinus Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Di Kelas X Multimedia Smk Negeri 1 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2018/2019.
Hikmiyah, L. (2021). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PjBL BERBANTUAN MINITAB UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA SISWA SMP. MATHEdunesa, 10(3), 514–522. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v10n3.p514-522
Irsalina, A. (2018). ANALISIS KEPRAKTISAN PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK ( LKPD ) BERORIENTASI BLENDED LEARNING PADA MATERI ASAM BASA Practicality Analysis of Developing the Student Worksheet Oriented Blended Learning in Acid Base Material. 3(3), 171–182.
Luthfi, H., & Rakhmawati, F. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 98–109. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1877
Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Buku Ajar Dasar-dasar Statistik Penelitian.
Rahayu, S. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Model Problem Based Learning Disertai Pendekatan Visual Thinking Pada Pokok Bahasan Bangun ….
Retnawati, H. (2015). Membuktikan Validitas Instrumen. Evaluation-Edu.Com.
Rochmad. (2017). Desain Penelitian Kualitatif,Kuantitatif dan R&D. 31–44.
Septiari dkk, 2013. (2013). Pendidikan Matematika. Journal of the American Chemical Society, 123(10), 2176–2181.
Susanah. (2021). Matematika Dan Pendidikan Matematika. Universitas Terbuka, 2–44.