PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING LEARNING

Penulis

  • Windi Rezeki Indah UIN Sumatera Utara
  • Riri Syafitri Lubis UIN Sumatera Utara
  • Tanti Jumaisyaroh Siregar UIN Sumatera Utara

Kata Kunci:

Modul Pembelajaran, Contextual Teaching Learning, Hasil Belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa modul pembelajaran matematika berbasis contextual teaching learning. Materi ajar yang disajikan peneliti adalah integral untuk peserta didik kelas XI SMA/MA. Subjek dalam penelitian ialah peserta didik kelas XI IPA 2 Di Perguruan Islam Cerdas Murni Tembung. Prosedur Pengembangan modul pembelajaran matematika dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan 4D yakni Tahap pendefinisian (define), Tahap perancangan (design), Tahap pengembangan (develop) dan Tahap penyebaran (disseminate). Modul pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan layak berdasarkan skor rata-rata validasi modul 4,6 kategori sangat baik. Memenuhi kriteria praktis berdasarkan penilaian guru 4,6 kategori sangat baik dan respon siswa 4,55 kategori sangat baik. Memenuhi kriteria efektif berdasarkan ketuntasan belajar klasikal sebesar 80% dimana 28 dari 35 orang peserta didik dan berdasarkan Uji N-Gain dengan hasil signifikan 0,82 menunjukan kategori 0,70 < g > 1,00 tergolong sangat tinggi.

ABSTRACT                   This study aims to develop teaching materials in the form of mathematics learning modules based on contextual teaching learning. The teaching material presented by the researcher is integral for class XI SMA/MA students. The subjects in the study were students of class XI IPA 2 at the Tembung Intelligent Pure Islamic College. The procedure for the development of the mathematics learning module in this study refers to the 4D development model, namely the  definition stage, the design stage, the develop stage and the dissemination stage. The learning module developed was declared feasible based on the average score of the module validation in the very good category. Meet the practical criteria based on the teacher's assessment of 4.6 very good categories and student responses in the very good category. Fulfilling the effective criteria based on the classical learning completeness of which of the students and based on the N-Gain Test with significant results indicating the category is classified as very high.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

28-04-2022

Cara Mengutip

Indah, W. R., Lubis, R. S., & Siregar, T. J. (2022). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING LEARNING. Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 246–251. Diambil dari https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan/article/view/286

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 > >>