PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING TERHADAP KBK DAN KPM MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PELUANG

Penulis

  • Nur Hasimah UIN Sumatera Utara Medan
  • Yahfizham UIN Sumatera Utara Medan
  • Tanti Jumaisyaroh Siregar UIN Sumatera Utara Medan

Kata Kunci:

Kemampuan Berpikir Kritis, Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Pembelajaran Game Based Learning

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran game based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi peluang dikelas VIII MTs Darul Ilmi Batang Kuis. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Darul Ilmi Batang Kuis . Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas VIII A yang dilakukan dengan teknik pengambilan sampling secara simple random sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa tes yaitu tes kemampuan berpikir kritis dan tes kemampuan pemecahan masalah. Analisis data dilakukan dengan analisis uji paired t-test dan uji prasyaratnya adalah uji normalitas. Hasil temuan ini menunjukkan: 1).Terdapat pengaruh model pembelajaran game based learning terhadap kemampuan berpikir kritis terlihat pada hasil perhitungan uji paired t test, diperoleh nilai t tabel = 2,0018 dan nilai thitung = 6,226 bahwa t hitung>t tabel, hal ini berarti menolak H0 dan menerima Ha. 2).Terdapat pengaruh model pembelajaran game based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah terlihat pada hasil perhitungan uji paired t test, diperoleh nilai t tabel = 2,0018 dan nilai t hitung = 4.581 bahwa t hitung>t tabel, hal ini berarti menolak H0 dan menerima Ha.

ABSTRACT          This study aims to determine the effect of the game-based learning model on students' critical thinking skills and mathematical problem solving abilities on the material of opportunity in class VIII MTs Darul Ilmi Batang Kuis for the academic. This research is a quantitative research, with a quasi-experimental type of research. The population is all students of class VIII MTs Darul Ilmi Batang Kuis. The sample in this study were students of class VIII A which was carried out using a simple random sampling technique. The test instrument used to determine students' critical thinking skills and problem solving abilities was to use a test in the form of a description. Data analysis was carried out by using paired t-test analysis. The results of these findings indicate: 1). There is an effect of game based learning learning model on critical thinking skills in the results of the calculation of the paired t test, the value of t table = 2.0018 and the value of t count = 6,226 that, this means reject H0 and accept Ha. 2). There is an effect of game based learning learning model on students' mathematical problem solving abilities in class VIII as seen in the results of the calculation of the paired t test, the value of t table = 2.0018 and the value of t = 4,581 that, this means rejecting H0 and accepting Ha.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Asmaka, R. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Game Based Learning Terhadao Prstasi Belajar Matematika Pada Materi Peluang Kelas VII SMP Negeri 2 Balen Tahun pelajaran 2018/2019. Bojonegoro: IKIP PGRI.

Asfar, I. T., & Nur, S. (2016). Model Pembelajran Problem Posing & Solving : Meningkatkan Kemampuan Pemcahan Masalah. Sukabumi: CV Jejak.

Fahrurrozi , & Syukrul Hamdi. (2017). Metode Pembelajaran Matematika. Pancor Selong

Lombok Timur: Universitas Hamanardi Press.

Harsanto. (2005). Melatih Anak Berpikir Analisis, Kritis, dan Kreatif. Jakarta: Gramedia Widisarana Indonesia.

Indra, J., & Ardat. (2013). Penerapan Statistik Untuk Pendidikan. Bandung: Citapustaka Media Perintis.

Maulana. (2017). Konsep Dasar Matematika dan Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis – Kreatif. Sumedang: UPI Sumedang Press.

Wina, M. (2011), Model Pembelajaran Inovatif Kontemporer Jakarta : Bumi Aksara. hal. 91.

Unduhan

Diterbitkan

29-04-2023

Cara Mengutip

Hasimah, N., Yahfizham, & Siregar, T. J. . (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING TERHADAP KBK DAN KPM MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PELUANG. Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 136–141. Diambil dari https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan/article/view/826

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 6 7 > >>