PENGARUH PENDEKATAN STEAM TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK SMP SWASTA DIANA MEDAN

Penulis

  • Tamara Winda Universits Islam Negeri Sumatera Utara
  • Fibri Rakhmawati Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Lisa Dwi Afri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Kata Kunci:

Penalaran Matematis , Pendekatan Pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan (Science, Technology, Art and Mathematics) STEAM terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik di SMP Swasta Diana Medan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis Quasi Eeksperimental (eksperimen semu) dengan menggunakan Nonequivalent Control Group Design dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek uji coba dalam peneitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Diana Medan. Hasil temuan penelitian ini nmenunjukkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan STEAM terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik pada materi bangun ruang sisi datar. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pendekatan pembelajaran STEAM terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik kelas VIII SMP Swasta Diana Medan.

ABSTRAK  This study aims to determine the effect of (Science, Technology, Art and Mathematics) STEAM approach on students' mathematical reasoning ability at SMP Swasta Diana Medan. This research is an experimental research with the type of Quasi-Experimental (pseudo experiment) using Nonequivalent Control Group Design and using a quantitative approach. The test subjects in this research were students in grade VIII of Diana Medan Junior High School. The findings of this study indicate that there is an effect of the STEAM approach on the mathematical reasoning ability of students on the material of flat-sided space building. So it can be concluded that there is a significant influence between the STEAM learning approach on the mathematical reasoning ability of class VIII students of Diana Medan Private Junior High School.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Hidayat R, Abdillah, Wijaya C. Ilmu Pendidikan “Konsep, Teori dan Aplikasinya.” 1st ed. Medan; 2019.

Rodliyah S. Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. 2nd ed. Jember; 2021.

Maulyda, Archi M. Paradigma Pembelajaran Matematika Berbasis NCTM. Malang; 2020. 156 p.

Putri DK, Sulianto J, Azizah M. Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah. Int J Elem Educ. 2019;3(3):351–7.

Sofyana UM, Kusuma AB. Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Menggunakan Pembelajaran Generative pada Kelas VII SMP Muhammadiyah Kaliwiro. Kontinu J Penelit Didakt Mat. 2018;2(1):14.

Hidayati S. Analisis Kemampuan Penalaran Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Dan Minat Belajar. J Penelit dan Eval Pendidik. 2020;1(1):37–49.

Ainun N, Asri K. Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa SMPN 1 Suka Makmur Melalui Pendekatan Contextual TeachingAnd Learning ( CTL ). J Pendidikan, Sains dan Hum. 2023;11(1):42–51.

Syachputra F., Muktiari B. Kajian Teori : Pengembangan Modul Matematika pada Pembelajaran Problem Solving dengan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis. Prism Pros Semin Nas Mat. 2023;6:270–4.

Utami MB. Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS). J Pendidik dan Pembelajaran. 2021;1:51–8.

Andini ND, Salsabila E, Haeruman LD. Pengaruh Model Case-Based Learning terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik SMA Negeri 03 Tambun Selatan. J Ris Pembelajaran Mat Sekol. 2023;7(2019):87–100.

Nuraini R, Nasution AA. Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Awal Siswa SMP dalam Memahami Permasalahan Koordinat Kartesius Berbasis RME. J Educ. 2023;06(01):475–89.

Mu’minah IH. STUDI LITERATUR : PEMBELAJARAN ABAD-21 MELALUI PENDEKATAN STEAM ( SCIENCE , TECHNOLOGY , ENGINEERING , ART , AND MATHEMATICS ) DALAM MENYONGSONG ERA SOCIETY 5.0. 2021;584–94.

Mu’minah IH, Suryaningsih Y. Implementasi STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts and Mathematics) dalam Pembelajaran Abad 21. 2020;5(April):65–73.

Unduhan

Diterbitkan

28-02-2025

Cara Mengutip

Winda, T., Rakhmawati, F. ., & Afri, L. D. (2025). PENGARUH PENDEKATAN STEAM TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK SMP SWASTA DIANA MEDAN . Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1). Diambil dari https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan/article/view/1257

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 > >>