PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TGT DENGAN APLIKASI QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA

Penulis

  • Raodhatus Anggi Aulia UIN Sumatera Utara Medan
  • Machrani Adi Putri Siregar UIN Sumatera Utara Medan
  • Suci Dahlya Narpila UIN Sumatera Utara Medan

Kata Kunci:

Pemahaman Konsep Matematika, Teams Games Tournament

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament berbantuan aplikasi Quizizz untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa yang bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament berbantuan aplikasi quizizz dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP IT AL- JAWAHIR. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling.  Dengan instrument tes berbentuk pretes dan postes. Uji analisis yang digunakan adalah paired samples t – test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika. Besarnya peningkatan kemampuan pemahaman konsep yang diajar menggunakan model pembelajaran tipe teams games tournament berbantuan aplikasi quizizz adalah 64,40 nilai rata-rata pretes dan 81,57 nilai rata- rata postes maka menghasilkan selisih 17,17 poin atau sebesar 57,2 %.

ABSTRAK This study discusses the application of  the Teams Games Tournament type cooperative learning model  assisted by the Quizizz application  to improve students' concept comprehension ability which aims to find out that the application of the Temas Games Tournament type cooperative learning model assisted by the quizizz application can improve the understanding of mathematical concepts. This research is a quantitative research with a quasi-experimental approach. The population in this study is grade VII students of SMP IT Al-Jawahir. The sampling technique used is total sampling.  With test instruments in the form of pretes and postes. The analysis test used is paired samples t-test. The results of the study showed that there was an increase in the ability to understand mathematical concepts. The amount of improvement in the ability to understand concepts taught using the teams games tournament type learning model assisted by the quizizz application was 64.40 with an average score of 64.40 pretest and 81.57 average scores for postes, resulting in a difference of 17.17 points or 57.2%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anshori, M., & Iswati, S. (2019). Metodologi penelitian kuantitatif: edisi 1. Airlangga University Press.

Arifin, F., Fadillah, Z., & Widiyanto, R. (2020a). Pengaruh model pembelajaran teams games tournament (TGT) terhadap pemahaman konsep matematis siswa sekolah dasar. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 10(2), 98–105.

Arifin, F., Fadillah, Z., & Widiyanto, R. (2020b). Pengaruh model pembelajaran teams games tournament (TGT) terhadap pemahaman konsep matematis siswa sekolah dasar. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 10(2), 98–105.

Gusmania, Y., & Agustyaningrum, N. (2020). Analisis pemahaman konsep matematis mahasiswa pada mata kuliah trigonometri. Jurnal Gantang, 5(2), 123–132.

Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model pembelajaran kooperatif dalam menumbuhkan keaktifan belajar siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1–13.

Hendriana, B. (2019). Lembar kerja peserta didik berbasis cabri 3D untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Kesumawati, N. (2008). Pemahaman konsep matematik dalam pembelajaran matematika. Semnas Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(3), 231–234.

Narpila, S. D., Wahyuni, S., Elfina, H., & Nasution, S. A. (2023). The Effectiveness of Quizizz Application as a Learning Evaluation Instrument Towards 5.0 Society Era in the Set and Logic Course. International Conference on Education 2022 (ICE 2022), 195–203.

Nurhayati, N., Egok, A. S., & Aswarliansyah, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 9118–9126.

Puji, L. K. R., Ismaya, N. A., & Ulfa, U. (2020). Hubungan Mutu Pelayanan Dengan Minat Kunjungan Ulang Pasien Rawat Inap RS Bhineka Bakti Husada. Edu Masda Journal, 4(2), 167–176.

Radiusman, R. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak Pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1–8.

Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan aplikasi quizizz sebagai media pembelajaran ditengah pandemi pada siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi| JIITUJ|, 4(2), 163–173. https://online-journal.unja.ac.id/JIITUJ/article/view/11605

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Suryawan, I. P. P., & Permana, D. (2020). Media pembelajaran online berbasis geogebra sebagai upaya meningkatkan pemahaman konsep matematika. Prisma, 9(1), 108–117.

Yanti, R. A., Nindiasari, H., & Ihsanudin, I. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dengan Pembelajaran Daring. Wilangan: Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 1(3), 245–255.

Zalukhu, A., Herman, H., Hulu, D. B. T., Zebua, N. S. A., Telaumbanua, T. I., Telaumbanua, M. S., Panggabean, E. M., & Sihombing, D. I. (2023). Urgensi Pemahaman Konsep Mahasiswa dalam Pemecahan Masalah ada Pembelajaran Analisis Real Program Studi Pendidikan Matematika. Journal on Education, 5(2), 4519–4529.

Unduhan

Diterbitkan

31-08-2024

Cara Mengutip

Aulia, R. A., Siregar, M. A. P. ., & Narpila, S. D. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TGT DENGAN APLIKASI QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA. Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(4). Diambil dari https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan/article/view/1138

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.