PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KONEKSI MATEMATIS MELALUI MODEL PBL DAN PMR

Penulis

  • Sumirah Lubis UIN Sumatera Utara Medan
  • Riri Syafitri Lubis UIN Sumatera Utara Medan
  • Tanti Jumaisyaroh Siregar UIN Sumatera Utara Medan

Kata Kunci:

Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemampuan Koneksi Matematis, Model Pembelajaran PBL, Model Pembelajaran PMR

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Koneksi Matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan siswa yang diajarkan dengan menggunakan Pendekatan Matematika Realistik.Jenis penelitian ini adalah Eksperimen Murni. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MAS Al-Washliyah 22 Tembung. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA-1 dan XI IPA-2. Berdasarkan hasil data dan pembahasan diperoleh: 1) Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran problem based learning tidak lebih baik daripada siswa yang diajar menggunakan pendekatan matematika realistik. 2) Kemampuan koneksi matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran problem based learning tidak lebih baik daripada siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan matematika realistih di kelas XI MAS AL-Washliyah 22 Tembung. 3) Kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan koneksi matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran problem based learning tidak lebih baik daripada siswa yang diajar menggunakan pendekatan matematika realistik di kelas XI MAS AL-Washliyah 22 Tembung.

 

ABSTRACT              Thibooks study aims to determine the comparison of ProblemSolving Ability and Mathematical Connection Ability of students who are taught by using Problem Based Learning Learning Model with students who are taught using Realistic Mathematics Approach. The type of this research is Pure Experiment. The population in this study were all students of MAS Al-Washliyah 22 Tembung. The sample in this study was class XI IPA-1 and XI IPA-2. Based on the results of the data and discussion obtained: 1) The mathematical problem solving ability of students who are taught using a problem based learning learning model is not better than students who are taught using a realistic mathematics approach. 2) The mathematical connection ability of students who are taught using a problem based learning model is not better than students who are taught using a realistic mathematical approach in class XI MAS AL-Washliyah 22 Tembung. 3) The problem solving ability and mathematical connection ability of students who are taught using a problem based learning model are not better than students who are taught using a realistic mathematics approach in class XI MAS AL-Washliyah 22 Tembung.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

28-08-2022

Cara Mengutip

Lubis, S., Lubis, R. S. ., & Siregar, T. J. . (2022). PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KONEKSI MATEMATIS MELALUI MODEL PBL DAN PMR. Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(4), 477–483. Diambil dari https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan/article/view/540

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 > >>