PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Penulis

  • Nur Sofia UIN Sumatera Utara Medan
  • Machrani Adi Putri siregar UIN Sumatera Utara Medan
  • Ammamiarihta UIN Sumatera Utara Medan

Kata Kunci:

Contextual Teaching And Learning, Kemampuan Pemahaman Konsep

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 24 Medan. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan pendekatan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen (Eksperimen Semu). Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Medan, dengan jumlah sampel 30 siswa kelompok eksperimen dan 30 siswa kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan berdasarkan kelas yang sudah ada (Sampling purposive). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan tes yang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa adalah dengan menggunakan tes berbentuk uraian. Adapun hasil penelitian yang diperoleh bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching And Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis dengan “uji t” yang menunjukkan bahwa nilai T-hitung = 5.9930 dan T-tabel= 2.00172 maka dapat dikatakan bahwa T-hitung > T-tabelmaka Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching And Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di SMP Negeri 24 Medan.

ABSTRACK This research was motivated by the low ability to understand mathematical concepts of class VIII students at SMP Negeri 24 Medan. One solution to overcome this problem is to use the Contextual Teaching And Learning learning model approach. This research is quantitative research with a quasi-experimental type of research (Quasi Experiment). The population was all students in class VIII of SMP Negeri 24 Medan, with a sample size of 30 students in the experimental group and 30 students in the control group. The sampling technique used in this research was based on existing classes (purposive sampling). The data collection technique used in this research is a test that is used to determine students' ability to understand mathematical concepts by using a test in the form of a description. The research results obtained show that there is an influence of the Contextual Teaching and Learning learning model on students' ability to understand mathematical concepts. This is proven by the results of hypothesis testing with the "t test" which shows that the value of t-count = 5.9930 and t-tabel = 2.00172, so it can be said that t-coun t > t-table then Ho is rejected and Ha is accepted. So from these results it can be concluded that there is an influence of the Contextual Teaching And Learning learning model on students' ability to understand mathematical concepts at SMP Negeri 24 Medan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Asri, F. M., Ruslan, R., & Asdar, A. (2019). Deskripsi Pemahaman Konsep Matematika Siswa Ditinjau dari Intensitas Penggunaan E-Learning Quipper Video. Issues in MathematicsEducation(IMED),3(2),148161.https://doi.org/10.35580/imed11051

Diani, S. F., Maulidiya, D., & Susanta, A. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas Vii a Smpn 6 Kota Bengkulu Setelah Memperoleh Pembelajaran Discovery Learning. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS),3(3),362–373. https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.3.362-373

Effendi, K. N. S. (2017). Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII Pada Materi Kubus Dan Balok. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2(4), 87–94. https://doi.org/10.23969/symmetry.v2i2.552

Nurmantoro, Aripin M. (2019). Pengaruh kecerdasan emosional dan rasa percaya diri terhadap penguasaan konsep matematika the. M a t h l i n e matematika dan pendidikan matematika, 4(1), 49–62.

Nursyifa, N., M, A., & D, G. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Interaktif Setting Kooperatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemaaman Konsep Matematis Siswa. 2(1), 46–53.

Radiusman. (2020). Studi literasi: pemahaman konsep siswa pada pembelajaran matematika. 6, 1–8.

Ramadhani, R., & Bina, N. (2021). Statistik penelitian pendidikan. Prenada Media.

Simanjuntak, E. V., Sihombing, B., & Roulina, C. V. (2023). Pengaruh Model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Pematangsiantar Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Matematika Dan Ilmu Pengelatuan Alam, 1(4), 147–168. https://doi.org/10.59581/konstanta-widyakarya.v1i4.1550

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Utami, A. D., Suriyah, P. S., & Mayasari, N. M. (2020). Level pemahaman konsep komposisi fungsi berdasar taksonomi solo (structure of observed learning outcomes). Penerbit CV. Pena Persada.

Unduhan

Diterbitkan

28-02-2025

Cara Mengutip

Sofia, N., siregar, M. A. P. ., & Ammamiarihta. (2025). PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA. Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1). Diambil dari https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan/article/view/1244

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>