PENGARUH PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIS DAN TINGKAT KECEMASAN SISWA
Kata Kunci:
Kooperatif, Think Pair Share, Pemahaman Matematis, Tingkat KecemasanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis dan Tingkat Kecemasan Siswa pada Materi Relasi dan Fungsi di Kelas VIII SMP Negeri 1 Lingga Bayu. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lingga Bayu dengan jumlah sampel kelas eksperimen 30 siswa dan kelas kontrol 30 siswa. Teknik pengambilan sampel didasarkan pada kriteria yang diterapkan oleh peneliti yaitu simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, tes dan angket dengan alat pengolah data statistik baik validitas, reliabilitas serta analisisnya menggunakan excel. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa dengan nilai sig 0,000 < 0,05. (2) terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap tingkat kecemasan siswa dengan nilai sig 0,000 < 0,05. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap kemampuan pemahaman matematis dan tingkat kecemasan siswa.
ABSTRACT This study aims to determine the effect of the Think Pair Share type cooperative learning model on the Mathematical Understanding Ability and Students' Anxiety Level on the Material of Relations and Functions in Class VIII of SMP Negeri 1 Lingga Bayu. This research method is quantitative with a quasi-experimental research type. The population of the study was students of class VIII of SMP Negeri 1 Lingga Bayu with a sample size of 30 students in the experimental class and 30 students in the control class. The sampling technique was based on the criteria applied by the researcher, namely simple random sampling. Data collection techniques by conducting observations, interviews, tests and questionnaires with statistical data processing tools, both validity, reliability and analysis using excel. The results of the study revealed that (1) there is a significant influence on the Think Pair Share type cooperative learning model on students' mathematical understanding abilities with a sig value of 0.000 <0.05. (2) there is a significant influence on the Think Pair Share type cooperative learning model on students' anxiety levels with a sig value of 0.000 <0.05. Based on the data analysis, it can be concluded that there is an influence of the cooperative learning model of the Think Pair Share type on students' mathematical understanding abilities and anxiety levels.
Unduhan
Referensi
Anisa, J., Mardiyana, & Triyanto. (2018). Pendekatan dan Penilaian Pembelajaran pada Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang Mendukung Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(3), 286–299.
Daryanto & Rahardjo dalam Salam, A., Studi, M. P., Fisika, P., Unlambanjarmasin, F., Smk, X., Isfi, F., Ajar, M., & Mata, P. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Pada Materi Suhu dan Kalor Di Smk Farmasi Isfi Banjarmasin. 3(3), 220–229.
Depdiknas. (2006). Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. BSNP.
Fadilah, D. N., & Afriansyah, E. A. (2021). Peran Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Online. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 2798–2904. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i3.1443
Handayani, A., Mukhni, & ZA, N. (2014). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Bagi Siswa Kelas VII MTsN Lubuk Pakam Buaya Padang Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 1–6.
Jaya, I. (2019). Penerapan Statistik untuk Penelitian Pendidikan (Cet. 1). PRENADAMEDIA GROUP.
Oktoviani, V., Widoyani, W. L., & Ferdianto, F. (2019). Analisis kemampuan pemahaman matematis siswa SMP pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 39–46. https://doi.org/10.22437/edumatica.v9i1.6346
Sa’adah, N. R., & Sumartini, T. S. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Materi Statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 505–518. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i3.1446
Subakti, H., & Handayani, E. S. (2022). The Problems in Indonesian Language Teaching During the Covid-19 Pandemic. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 136. https://doi.org/10.29300/disastra.v4i2.5060
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.