PENGARUH PENDEKATAN RME TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KECEMASAN MATEMATIKA

Penulis

  • Robiatul Adawiyah Rangkuti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Fibri Rakhmawati Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Machrani Adi Putri Siregar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.58432/relevan.v5i1.1250

Kata Kunci:

kemampuan pemecahan masalah, kecemasan matematika, pendekatan realistic mathematic education

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan realistic mathematic education (RME) terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kecemasan matematika pada siswa kelas VIII SMP. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 7 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan metode quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui instrumen tes berupa soal uraian dan non tes berupa angket. Hasil penelitian adanya pengaruh realistic mathematic education terhadap kemampuan pemecahan masalah berdasarkan R Square adalah 21% dan besarnya pengaruh realistic mathematic education terhadap tingkat kecemasan matematika siswa adalah 31,4%. menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan realistic mathematic education lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional.

ABSTRACT This study aims to determine the effect of realistic mathematic education (RME) approach on problem solving ability and mathematics anxiety in class VIII junior high school students. This research was conducted at SMP Muhammadiyah 7 Medan. This research is an experimental research with quasi experimental method with quantitative approach. Data were collected through test instruments in the form of description questions and non-tests in the form of questionnaires. The results showed that the influence of realistic mathematic education on problem solving ability based on R Square is 21% and the magnitude of the influence of realistic mathematic education on students' math anxiety level is 31.4%. shows that the problem solving ability of students taught using realistic mathematic education approach is higher than students taught using conventional learning.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Crowther, C. H. (1999). Seeing and learning. In New Scientist (Vol. 162, Issue 2188).

Komala, E., & Erma Monariska. (2023). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Literasi Matematis dan Mereduksi Kecemasan Matematis Siswa. Hexagon: Jurnal Ilmu Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 68–74. https://doi.org/10.33830/hexagon.v1i1.4919.

Noviyana, H., & Fitriani, D. (2019). Pengaruh Model Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP. Prosiding Sesiomadika, 2(1c), 829.

Rahmawati, D. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Tanggung Jawab Peserta Didik Pada Self Regulated Learning Dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education. 37.

Rizki, F., Rafianti, I., & Marethi, I. (2019). Pengaruh Kecemasan Matematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa di SMA. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 11. https://doi.org/10.30656/gauss.v2i2.1750

Samosir, E. (2022). Kemampuan Literasi Matematika: Kaitannya dengan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 4(1), 60–72. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v4i1.23026

Sudarma, A. P. (2022). Pengaruh Model Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa Kelas 3 Pada Materi …. 3, 9592–9604.

Wulandari, M. R., & Lestari, K. E. (2022). Analisis Dampak Kecemasan Matematis Siswa Terhadap Kemampuan Sintesis Matematika. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 74–83. https://doi.org/10.35569/biormatika.v8i1.1222

Unduhan

Diterbitkan

28-02-2025

Cara Mengutip

Rangkuti, R. A., Rakhmawati, F. ., & Siregar, M. A. P. (2025). PENGARUH PENDEKATAN RME TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KECEMASAN MATEMATIKA. Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1). https://doi.org/10.58432/relevan.v5i1.1250

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 > >>