PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DENGAN MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT DAN PROLEM BASED LEARNING

Penulis

  • Sholatiah Hasibuan UIN Sumatera Utara Medan
  • Siti Maysarah UIN Sumatera Utara Medan
  • Lisa Dwi Afri UIN Sumatera Utara Medan

Kata Kunci:

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Model Pembelajaran Team Games Tournament, Problem Based Learning

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran team games tournament dan model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII-A dan VIII-B dan sampelnya adalah 41 siswa yang diambil dengan teknik sampling jenuh. Instrumen tes yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas TGT dengan rata-rata nilai 78 dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas PBL dengan rata-rata nilai 83. Hasil analisis data menggunakan uji t diperoleh T-hitung > T-tabel yaitu 2,145 > 2,022 maka maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat ditetapkan bahwa “Terdapat Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa yang Diajar dengan Model Pembelajaran Team Games Tournament dan Problem based Learning”.

ABSTRACT This research aims to see differences in the mathematical problem solving abilities of students who are taught using a learning model team games tournament and learning models problem based learning. This research is quantitative research, with a quasi experimental type of research. The population was all students in classes VIII-A and VIII-B and the sample was 41 students taken using a saturated sampling technique. The test instrument used is a mathematical reasoning ability test which consists of 5 questions in the form of descriptions. The results of the research show that there are differences in the mathematical problem solving abilities of class students team games tournament with an average score of 78 and mathematical problem solving abilities of class students problem based learning with an average value of 83. The results of data analysis using the t test were obtained, namely 2.145 > 2.022, so it was rejected and accepted. Thus it can be determined that "There are differences in the mathematical problem solving abilities of students who are taught using the learning model Team Games Tournament and Problem based Learning”.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Achsin, M. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah pada PBL Pendekatan Kontekstual dalam Tinjauan Inventori Kesadaran Metakognitif. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 150, 696–704. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21684

Amam, A. (2017). Penilaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp. Teorema, 2(1), 39. https://doi.org/10.25157/.v2i1.765

Fatimah, L. U., & Alfath, K. (2017). ANALISIS KESUKARAN SOAL, DAYA PEMBEDA DAN FUNGSI DISTRAKTOR. Universitas Nusantara PGRI Kediri, 01, 1–7.

Jamun, Y. M., Zephisius Rudiyanto Eso Ntelok, & Rudolof Ngalu. (2020). Pengaruh Pemanfaatan Perangkat Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Sekolah Dasar. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 4(1), 46–50. https://doi.org/10.36928/jipd.v4i1.253

Jaya, I. (2019). Penerapan Statistik Untuk Penelitian Pendidikan.

Mu’man, Yana, & Iskandar, Y. (2021). Teacing Tenses in Writing a Scientific Paper Through Peer Teaching Method for Final Year University Students in Covid-19 Era. PROJECT (Professional Journal of English Education), 4(3), 480. https://doi.org/10.22460/project.v4i3.p480-487

N.Khafidatul, M. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Model Treffinger di SMA N 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(02), 122–129.

Rambe, A. Y. F., & Afri, L. D. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan Dan Deret. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(2), 175. https://doi.org/10.30821/axiom.v9i2.8069

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (p. 444).

Suji, S., Nirawati, R., & Mariyam, M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Segitiga. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 2(2), 63. https://doi.org/10.26737/jpmi.v2i2.225

Yandari, I. A. V., & Nailah, N. (2019). Penerapan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sd. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 11(1), 57. https://doi.org/10.32678/primary.v11i01.1998

Yusri, A. Y. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI PANGKAJANE. Mosharafa, 7(September), 425–432.

Unduhan

Diterbitkan

31-08-2024

Cara Mengutip

Hasibuan, S., Maysarah, S., & Dwi Afri, L. (2024). PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DENGAN MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT DAN PROLEM BASED LEARNING. Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(4). Diambil dari https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan/article/view/1142

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 > >>