ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA SMA BERDASARKAN TEORI BELAJAR SIBERNATIK DENGAN CARA BERFIKIR HEURISTIK
Kata Kunci:
Numerasi, Sibernatik, Heuristik, LiterasiAbstrak
Penelitian ini membahas numerasi sebagai keterampilan matematika yang digunakan untuk menyelesaikan masalah sehari-hari, sesuai dengan Permendikbud No. 23 Tahun 2015. Menggunakan teori belajar sibernetik, penelitian ini menganalisis cara berpikir siswa dalam berhitung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas X-1 pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Subjek penelitian ditentukan dari klasifikasi berpikir dari hasil tes kemampuan berhitung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen uji kemampuan berhitung. Pedoman untuk mengklasifikasikan cara berpikir berdasarkan teori belajar sibernetik digunakan untuk mengetahui bagaimana siswa berpikir dengan cara berpikir heuristic. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan pemikiran heuristik (S3 dan S4) hanya mampu sebagian, terutama S4 yang masih belum sepenuhnya benar dalam memecahkan soal matematika sehari-hari.
ABSTRACT This research discusses numeracy as a mathematical skill used to solve everyday problems, in accordance with Permendikbud No. 23 of 2015. Using cybernetic learning theory, this research analyzes how students think in numeracy. The method used in this research is qualitative. This research was conducted in class X-1 in the odd semester of the 2024/2025 school year. The research subjects were determined from the classification of thinking from the results of the numeracy test. The instrument used in this research is the numeracy test instrument. Guidelines for classifying ways of thinking based on cybernetic learning theory are used to find out how students think with heuristic thinking. The results showed that students with heuristic thinking (S3 and S4) were only partially able, especially S4 who was still not completely correct in solving everyday math problems.
Unduhan
Referensi
Astuti, Y., Bennu, S., & Paloloang, B. (2018). Identifikasi Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas Viii Smpn Model Terpadu Madani Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 5(3), 356–370. https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/383%0A
Curry, D. (2019). The PIAAC Numeracy Framework: A Guide to Instruction. Adult Literacy Education: The International Journal of Literacy, Language, and Numeracy, 1(2), 33–51. https://doi.org/10.35847/dcurry1.2.33
Gufron, A. M., Basir, M. A., & Aminudin, M. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaiakan Tes Kemampuan Literasi Numerasi Berdasarkan Newman’s Analysis Eror. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung 2, 2(Sendiksa 2),99–107. https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/sendiksa/article/view/18010/6096
Han, W., Susanto, Dicky., Dewayani, Sofie., Pandora, Putri., Hanifah, Nur., Miftahussururi., Nento, M. Noorthertya., & Akbari, Q. Syahriana. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. In Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Tim GLN Kemendikbud. (Vol. 8, Issue 9).
Kustianingsih, M. (2019). Profil Sibernetik Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Berpikir Serialist dan Wholist [UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL SURABAYA]. https://core.ac.uk/download/pdf/286196685.pdf
Masyhud, S. (2014). Metode penelitian pendidikan. Jember: Lembaga Pengembangan Manajemen dan Profesi Pendidikan.
Nauvalika Permana, N., Setiani, A., & Andri Nurcahyono, N. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Adaptif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS). Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 2(2), 51–60. https://doi.org/10.14421/jppm.2020.22.51-60
Puspita Maulidina, A., & Hartatik, S. (2019). PROFIL KEMAMPUAN NUMERASI SISWA SEKOLAH DASAR BERKEMAMPUAN TINGGI DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 3(2), 61–66. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPD
Putri, O. K., Athma, A., & Rosyadi, P. (2023). Jurnal Pendidikan Progresif Effectiveness of Laps-Heuristic Learning With An Open-Ended. 13(3), 1150–1161. https://doi.org/10.23960/jpp.v13.i3.2023
Rachmantika, A. R., & Wardono. (2019). Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Pemecahan Masalah. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2(1), 441.
Salvia, N. Z., Sabrina, F. P., & Maula, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Ditinjau Dari Kecemasan Matematika. ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan), 3(2019), 352–360. https://www.proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view/890
Seriti, N. N., Candiasa, & Natajaya, I. N. (2013). Pengaruh Strategi Pembelajaran Heuristik dan Algoritmik Terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Ditinjau dari Gaya Berpikir Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Amlapura. Jurnal Administrasi Pendidikan UNDIKSHA, 4(1). http://119.252.161.254/e-journal/index.php/jurnal_ap/article/view/927
Sri Sumartini, T. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v4i1.323
Sugiarto, E. (2017). Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif: Skripsi dan Tesis: Suaka Media. Yogyakarta: Diandra Kreatif.
Sugiyono, Prof. D. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Penerbit CV. Alfabeta: Bandung, 225(87), 48–61.
Syawahid, M., & Putrawangsa, S. (2017). Kemampuan literasi matematika siswa SMP ditinjau dari gaya belajar. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(2), 222–240. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i2.121
Tyas, F., & Pangesti, P. (2018). Menumbuhkembangkan Literasi Numerasi Pada Pembelajaran Matematika Dengan Soal Hots [Growing Numerical Literacy in Mathematics Learning With Hots Problems ]. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 5(9), 566–575.