ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

Penulis

  • M Bima Yustiko Sitorus UIN Sumatera Utara Medan
  • Asrul Daulay UIN Sumatera Utara Medan
  • Tanti Jumaisyaroh Siregar UIN Sumatera Utara Medan

Kata Kunci:

Kemampuan pemecahan masalahkemampuan pemecahan masalah, bangun ruang sisi datar.

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam menyelesaikan soal pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar pada kelas VIII di Pondok Pesantren Al-Qomariyah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa tes. Subjek penelitian terdiri dari 5 siswa dengan kategori sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah, sangat rendah. Hasil penelitian bahwa (1) siswa pada kategori sangat tinggi mam pu memahami, menyusun rencana penyelesaian dan melaksanakan dengan langkah-langkah penyelesaian soal dengan tepat, (2) siswa pada kategori tinggi mampu memahami, menuliskan informasi yang diketahui, mampu menyusun rencana dan melaksanakan rencana penyelesaian sesuai dengan langkah penyelesaian dengan tepat, (3) Siswa pada kategori sedang mampu memahami soal dengan cukup baik, namun menuliskan informasi yang diketahui dan hal apa yang ditanyakan kurang lengkap, mampu menyusun rencana dan melaksanakan rencana penyelesaian dengan tepat, (4) Siswa pada kategori rendah mampu menuliskan informasi yang diketahui dan ditanyakan kurang lengkap dengan penyelesaian yang kurang lengkap dan tidak menjawab semua soal, (5) Siswa dengan kategori sangat rendah tidak mampu memahami, merencanakan, mengevaluasi dan meginterprestasi jawaban yang diperoleh.

ABSTRACK The purpose of this study is to describe the students' mathematical problem-solving ability in solving problems on the subject of building a flat-sided space in grade VIII at the Al-Qomariyah Islamic Boarding School. The type of research used is qualitative research. The data collection technique is in the form of a test. The research subjects consisted of 5 students with very high, high, medium, low, very low categories. The results of the study show that (1) students in the very high category are able to understand, prepare a solution plan and implement with appropriate steps to solve the problem, (2) students in the high category are able to understand, write down known information, are able to prepare a plan and implement the completion plan in accordance with the completion steps appropriately, 3) Students in the medium category are able to understand the questions quite well, but write down the information that is known and what is asked is incomplete, able to make a plan and implement the solution plan appropriately, (4) Students in the low category are able to write down the information that is known and asked incomplete with incomplete solutions and do not answer all questions,  (5) Students with very low categories are unable to understand, plan, evaluate and interpret the answers obtained.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Afri, L. D. (2019). HUBUNGAN ADVERSITY QUOTIENT DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Axiom, 8(2).

Afriansyah, S. U. E. A. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswi ditinjau melalui Model Pembelajaran SAVI dan Konvensional. Jurnal Riset Pendidikan, 5(2).

Agoestanto, A., & Masitoh, S. (2021). Mathematical creative thinking ability viewed from students’ learning interest and adversity quotient through creative problem-solving learning model. Journal of Physics: Conference Series, 1918(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1918/4/042074

Ali, A.-J. (2020). Al-Qur’an dan Terjemahnya, Surat Al-Kahf(18) : 66 . CV Penerbit J. Art.

Amin, F. M. & K. A. W. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII Materi Aljabar dengan Strategi Polya dalam PBL Pendekatan Saintific. Unnes Journal of Research Mathematics Education, 5(2).

Bakhril, Moh. S., Kartonoa, & Dewi. (2019). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Peer Tutoring Cooperative Learning. Prisma : Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2(ISSN 2613-9189).

Darma Ekawati, J. D. F. B. (2018). Deskripsi Kemampuan Pemcahan Masalah Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Universitas Cokrominoto Palopo.

Elfiah, N. S., Maharani, H. R., & Aminudin, M. (2020). HAMBATAN EPISTEMOLOGI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BANGUN RUANG SISI DATAR. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 11. https://doi.org/10.31941/delta.v8i1.887

Huda, M. (2017). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Ibrahim, G. A. (2017). PISA dan Daya Baca Bangsa . Kompas.Com.

Lubis, R., Harahap, T., & Nasution, D. P. (2019). Pendekatan Open-Ended dalam Membelajarkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3). https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.547

Lutfiah, E., Saputra, E., & Maysarah, S. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MENGGUNAKAN BAHAN AJAR BERBASIS REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION. Jurnal Relevan, 3(5).

Mahanal, S., Zubaidah, S., Setiawan, D., Maghfiroh, H., & Muhaimin, F. G. (2022). Empowering College Students’ Problem-Solving Skills through RICOSRE. Education Sciences, 12(3). https://doi.org/10.3390/educsci12030196

Marlian. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematispada Mata Kuliah Persamaan Differensial Dilihat dari Pembelajaran Konflik Kognitif yang Terintegrasi dengan Soft Skill. . Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2).

Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran . Deepublish.

Masrukan. (2014). Asesmen Otentik Pembelajaran Matematika. CV. Swadaya Manunggal.

Permendiknas. (2017). Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Kementrian Pendidikan Nasional.

Pradita Unonongo, S. I. D. K. U. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Di Kelas IX. Universitas Negeri Gorontalo.

Puspandari, I., Praja, E. S., & Muhtarulloh, F. (2019). Pengembangan Bahan Ajar dengan Pendekatan Induktif untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2). https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.460

P.W.C., D. dan P. H. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gender. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1).

Rachmanto, D. (2018). Analisis Kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Rifa’i, A. & A. C. T. (2018). Psikologi Pendidikan. Pusat Pengembangan MKU/MKDK-LP3 Universitas Negeri Semarang.

Sulistyaningsih, E. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Geometri Pisa Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap Smp Negeri 1 Mojosongo. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sumardi, S., Ishartono, N., & Salsabila, Z. A. (2022). PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN PENILAIAN AUTENTIK BERBASIS LITERASI MATEMATIKA SELAMA PANDEMI COVID-19. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1). https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4634

Sumarsono, L. S. P., Shalihah, A., Ummah, S. R., & Hamidah, D. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Bangun Ruang Sisi Lengkung Berbasis Etnomatematika pada Jajanan Tradisional. MARISEKOLA: Jurnal Matematika Riset Edukasi Dan Kolaborasi, 3(1). https://doi.org/10.53682/marisekola.v3i1.3902

Sundayana, R. (2019). Kaitan antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Pelajaran Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2).

Surur, M., Degeng, I. N. S., Setyosari, P., & Kuswandi, D. (2020). The effect of problem-based learning strategies and cognitive styles on junior high school students’ problem-solving abilities. International Journal of Instruction, 13(4). https://doi.org/10.29333/iji.2020.1343a

Susanti, W. (2021). KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KECEMASAN BELAJAR. EUREKA MEDIA AKSARA.

Suyitno, A. H. I. & Suhito. (2016). Dasar-dasar dan Proses Pembelajaran Matematika I. Universitas Semarang.

Tohirin. (2016). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling, . PT Raja Grafindo Persada.

Trianto. (2016). Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Prenada Media Group.

Ulfa Hasanah, R., Iskandar Ps, W. V, Estate, M., Percut Sei Tuan, K., Deli Serdang, K., & Utara, S. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL (SPLTV). Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(5). https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i5.1397-1410

Undang-undang Sisdiknas nomor 20 tahun 2023. (n.d.).

Wardani, P., Hasanah, R. U., & Rifa’i, M. (2024). Kemampuan Pembuktian Matematika Mahasiswa: Systematic Literature Review. Lancah, 2(2), 551–556. https://doi.org/10.35870/ljit.v2i2.2787

Widayat, A. (2021). Peningkatan minat belajar matematika dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe problem-based learning. Annals of Mathematical Modeling, 1(1)

Wijaya, T. T., Dewi, N. S. S., Fauziah, I. R., & Afrilianto, M. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas IX Pada Materi Bangun Ruang. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1). https://doi.org/10.30738/.v6i1.2076

Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, Professor Fakultas Al-Qur’an Univ Islam, Tafsir Almadinah Al-Munawwarah/ Markaz Ta’dzhim Al-Qur’an dan Bab janganlah seseorang menyuruh orang lain untuk berdiri dari tempat duduknya. No.2670 tafsirweb.com

Dr. H. M. Syuhudi Ismail dalam buku Yunahar Ilyas dkk, Pengembangan Pemikiran Terhadap Hadist,(Universitas Muhammadiyah Yogyakarta : LPPI, 1996), cet, 1 hlm.3.

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2024

Cara Mengutip

Yustiko Sitorus, M. B., Daulay, A., & Siregar, T. J. . (2024). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR . Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(5). Diambil dari https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan/article/view/1172

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 > >>