PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Penulis

  • Seri Minta Uba Hasibuan UIN Sumatera Utara Medan
  • Fibri Rakhmawati UIN Sumatera Utara Medan
  • Rusi Ulfa Hasanah UIN Sumatera Utara Medan

Kata Kunci:

Problem Based Learning, Motivasi Belajar Matematika Siswa, Hasil Belajar Matematika Siswa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) Terhadap hasil belajar dan motivasi belajar matematika siswa kelas XI SMK Tritech Informatika Medan. Metodologi penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi experiment (eksperimen semu). Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMK Tritech Informatika Medan dengan jumlah sampel 27 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah teknik acak menggunakan aplikasi “Spin The Wheel”. Teknik pengumpulan data adalah dengan angket dan tes. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terdapat pengaruh antara model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar matematika siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis dengan uji “t” yang menunjukkan bahwa nilai t hitung = 5.2257 dan ttabel= 2.058. Terdapat pengaruh antara model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap motivasi belajar matematika siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis dengan uji “t” yang menunjukkan bahwa nilai thitung = 12.8141 dan ttabel= 2.009.

ABSTRACT This research aims to determine the effect of the problem based learning (PBL) learning model on learning outcomes and mathematics learning motivation for class XI students at Tritech Informatics Vocational School, Medan. The research methodology uses quantitative research with a quasi-experimental approach. The research population was class XI students at Tritech Informatics Vocational School in Medan with a sample size of 27 students. The sampling technique is a random technique using the "Spin the Wheel" application. Data collection techniques are by questionnaire and tests. The results of the research reveal that there is an influence between the Problem Based Learning (PBL) learning model on students' mathematics learning outcomes. This is proven by the results of hypothesis testing with the "t" test which shows that the calculated t value = 5.2257 and t table = 2.058. There is an influence between the Problem Based Learning (PBL) learning model on students' mathematics learning motivation. This is proven by the results of hypothesis testing with the "t" test which shows that the tcount = 12.8141 and ttable = 2.009.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ahmadiyanto. (2016). ”Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Ko-Ruf-Si (Kotak Huruf Edukasi) Berbasis Word Square”. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(2), 980-993.

Ananda, R dan Hayati, F. (2020). Variabel Belajar (Kompilasi Konsep). Medan: Pusdikra Mitra Jaya.

Betty. K. (2023). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Melalui Metode Pembelajaran Berbasis Joyful Learning pada Siswa Kelas VII.A MTsN I Palembang. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA, 3(1), 86-95

Dahlan, M., Syawaluddin, A., Setyowati, A., (2022). “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa”. Journal Of Teacher Professional, 3(1), 42.

Helmiati. (2012). Model Pembelajaran. Yokyakarta: Aswaja Presssindo.

Iqbal, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD di Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur. Universitas Negeri Jakarta.

Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Rosda Karya.

Nurdiana, R., Purwaningsih, D. I., Asmah, S. N., & Kumiawati, D. (2021). Pengaplikasian "Joyful Learning" pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Kapuas, 2(1), 114-118.

Payadnya, P. A. A., & Jayantika, G. A. N. T. (2018). Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik dengan SPSS. CV. Budi Utama.

Putra, R. S. (2013). Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Yogyakarta: DIVA Press.

Ricardo & Meilani, R. L. (2017). “Impak Minat danMotivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa”. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 188-209.

Rifkhan. (2023). Pedoman Metodologi Penelitian Data Panel dan Kuisioner. CV. Adanu Abimata.

Saenab, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Duampanua Kabupaten Pinrang. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Sardiman, AM. (2006). Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Susanto, P. (2018). Belajar Tuntas Filosofi, konsep, dan implementasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Yusup, F. (2018). “Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif”. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 13(1), 53-59. https://doi.org/10.21831/jorpres.v13i1.128.

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2024

Cara Mengutip

Hasibuan, S. M. U., Rakhmawati, F. ., & Hasanah , R. U. . (2024). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA . Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(5). Diambil dari https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan/article/view/1163

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 > >>