PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING DAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR

Penulis

  • Auliyah Zahira UIN Sumatera Utara
  • Nurmawati UIN Sumatera Utara
  • Tanti Jumaisyaroh UIN Sumatera Utara

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar matematika siswa, Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap motivasi belajar matematika siswa, Pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project terhadap hasil belajar matematika siswa, Pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project terhadap motivasi belajar matematika siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI M.A Y.P Miftahul’Ulum Dolok Masihul tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 4 kelas, sedangkan yang dijadikan sampel 2 kelas XI IPS-1 dan XI IPS-2 yang berjumlah 25 orang masing-masing kelas. Analisis data dilakukan dengan uji analisis Paired Sample t-Test. Instrument yang digunakan adalah tes dan angket. Hasil temuan ini menunjukkan : 1). Adanya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar matematika siswa. 2). Adanya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap motivasi belajar matematika siswa. 3). Adanya model pembelajaran Missouri Mathematics Project terhadap hasil belajar matematika siswa. 4). Adanya model pembelajaran Missouri Mathematics Project terhadap motivasi belajar matematika siswa.

Kata kunci : Motivasi; Hasil Belajar; Problem Based Learning; Missouri Mathematics Project.

 

ABSTRAK        This study aims to determine the effect of the Problem Based Learning on student mathematics learning outcomes, the effect of the problem based learning model on students’ mathematics learning motivation, the effect of the Missouri mathematics project learning model on students’ mathematics learning outcomes, the effect of the mathematics project learning model on students’ mathematics learning motivation. This research is a quantitative research with a quasi-eksperimental type of research. The population is all students of class XI M.A Y.P Miftahul’Ulum Dolok Masihul for the academic year 2021/2022, totaling 4 classes XI IPS-1 and XI IPS-2, totaling 25 people in each class. Data analysis was carried out by using the Paired Sample t-Test analysis test. The instruments used are tests and questionnaires. These findings show : 1). There is an effect of Problem Based Learning on students’ mathematics learning outcomes. 2). There is an effect of Problem Based Learning on students’ mathematics learning motivation, 3). There is an effect of Missouri Mathematics Project on students’ mathematics learning outcomes. 4). There is an effect of Missouri Mathematics Project on students’ mathematics learning motivation.

Keywords : Motivation; Learning outcomes; Problem Based Learning; Missouri Mathematics Project.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

20-12-2021

Cara Mengutip

Zahira, A., Nurmawati, & Jumaisyaroh, T. . (2021). PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING DAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR . Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 277–285. Diambil dari https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan/article/view/80

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama