PENGARUH MODEL COOPERATIVE SCRIPT DAN THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

Penulis

  • Suryani Kartika Sihombing UIN Sumatera Utara Medan
  • Mara Samin Lubis UIN Sumatera Utara Medan
  • Lisa Dwi Afri UIN Sumatera Utara Medan

Kata Kunci:

Kemampuan Pemecahan Masalah, Cooperative Script, Think Talk Write

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model Cooperative Script dan Think Talk Write materi Pola Bilangan kelas VIII. Analisis data menggunakan uji Paired t-test untuk mengetahui pengaruh dari model Cooperative Script dan Think Talk Write, dan Independent sample t-test digunakan untuk mengetahui perbedaan menggunakan dua model tersebut. Hasil penemuan diperoleh: 1) Pengaruh model pembelajaran Cooperative Script terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa diperoleh -36.578 < 2.007 < 36.578 atau – t_hitung < t_tabel < t_hitung. Nilai t_tabelberada diantara nilai t_hitung. 2) Pengaruh model pembelajaran Think Talk Write diperoleh -2.278 < 2.007 < 2.278 atau – t_hitung < t_tabel < t_hitung. Nilai t_tabelberada diantara nilai t_hitung. 3) Perbedaan kemampuan pemecahan masalah yang diajar dengan menggunakan model Cooperative Script bernilai 68.591 > 2.007 sehingga t_hitung > t_tabel. Dan perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan dua model tersebut bernilai 65.633 > 2.007 sehingga t_hitung > t_tabel. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan model Cooperative Script dan Think Talk Write memberikan pengaruh dan perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa

ABSTRACT                  This study aims to determine the effect of students' mathematical problem-solving skills taught the Cooperative Script and Think Talk Write models on the subject Number Patterns for class VIII. Data analysis used the Paired t-test to determine the effect of the Cooperative Script and Think Talk Write models, and the Independent sample t-test was used to determine differences using the two models. The findings were obtained: 1) The effect of the Cooperative Script learning model on students' problem solving abilities was obtained -36.578 < 2.007 < 36.578 or – t-count <t-table< t-count. The t-table value is between the t_count values. 2) The effect of the Think Talk Write learning model is obtained -2.278 < 2.007 < 2.278 or – t-count < t-table < t-count. The t_table value is between the t-count values. 3) Differences in problem solving skills taught using the Cooperative Script model are worth 68,591 > 2,007 so t-count>t-table. And the difference in problem-solving abilities of students taught by Think Talk Write is worth 65,633 > 2,007 so that t-count > t-table. The conclusion of this study shows that the Cooperative Script and Think Talk Write models have a significant influence and difference on students' problem solving abilitie

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Angrhaeni, I. (2019). “Pengaruh Pembelajaran Problem Solving Model Polya Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Mahasiswa”. Jurnal Pendidikan. 4 (1). 1-6.

Cahyaningrum, I., Husna, A. & Gusmania A. (2018). “Efektivitas Strategi Think Talk Write (TTW) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa”. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 5 (3). 23-32.

Hajar Y & Sari V. (2018). “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Disposisi Matematis”. Inspiramtika Jurnal Inovasi dan Pendidikan Matematia. 4 (2). 120-131.

Rahmawati & Mulbasari, A. S. (2020). “Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Cooperative Script dan Blended Learning”. Jurnal Inovasi Matematika (Inomatika). 2 (1). 52-64.

Sopiany, H. N & Hijah, I. S. (2016). “Penggunaan Strategi TTW (Think-Talk-Write) Dengan Pendekatan Kontekstual Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa MTsN Rawamerta Karawang”. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). 9 (2). 268-276.

Ulya, H. (2016). “Profil Kemampuan Pemecahan Masalah SiswaBermotivasi Belajar Tingi Berdasarkan Ideal Problem Solving”. Jurnal Konseling Gusjigang. 2 (1). 90-96.

Unduhan

Diterbitkan

30-06-2023

Cara Mengutip

Sihombing, S. K., Lubis, M. S., & Afri, L. D. (2023). PENGARUH MODEL COOPERATIVE SCRIPT DAN THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA. Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 275–280. Diambil dari https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan/article/view/861

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 > >>