PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Penulis

  • Rismawati Wulandari UIN Sumatera Utara Medan
  • Mara Samin Lubis UIN Sumatera Utara Medan
  • Tanti Jumaisyaroh Siregar UIN Sumatera Utara Medan

Kata Kunci:

Pembelajaran berbasis etnomatematika, Kemampuan pemahaman konsep, Kemampuan Pemecahan Masalah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini siswa kelas VIII berjumlah 288 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 60 siswa, dimana kelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen berjumlah 29 siswa dan kelas VIII-4 sebagai kelas kontrol berjumlah 31 siswa. Pengumpulan data dikumpulkan menggunakan nilai posttes. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas serta uji hipotesis (uji t). Dari hasil uji hipotesis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa diperoleh nilai  (7,096) >  (1,671). Sehingga ditolak dan  diterima yang artinya terdapat pengaruh pembelajaran berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Kemudian dari uji hipotesis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa diperoleh nilai   (5,312) >  (1,671). Sehingga ditolak dan  diterima yang artinya terdapat pengaruh pembelajaran berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

ABSTRACT This research aims to determine the effect of etnomatematika-based learning on students' mathematical concept understanding and problem-solving abilities. This research is a quantitative study using a quasi-experimental method. The population of this study consists of 288 students of class VIII. The sample of this study consists of 60 students, with class VIII-3 as the experimental class consisting of 29 students and class VIII-4 as the control class consisting of 31 students. Data collection was done using post-test scores. Data analysis techniques used normality tests, homogeneity tests, and hypothesis testing (t-test). The results of the hypothesis test on students' mathematical concept understanding abilities obtained a t-count value (7.096) > t-table (1.671). Therefore, H0 is rejected and Ha is accepted, which means that there is an effect of etnomatematika-based learning on students' mathematical concept understanding abilities. Furthermore, the results of the hypothesis test on students' mathematical problem-solving abilities obtained a t-count value (5.312) > t-table (1.671). Therefore, H0 is rejected and Ha is accepted, which means that there is an effect of etnomatematika-based learning on students' mathematical problem solving abilities.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adhyan, A. R., & Sutirna, S. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Mts Pada Materi Himpunan. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(2), 451. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i2.10289

Alnadrah, W., & Khairani, E. (2020). Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Pemecahan Masalahp Dan Matematis Siswa Yang Memperoleh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Pembelajaran Ekspositori Oleh : Pendidikan Matematika , Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan , Universitas Islam Negeri. XIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matemata, 09(1), 19–25. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/axiom

Ananda, R., & Rafida, T. (2023). Evaluasi pembelajaran (Persepektif Sain dan Islam). CV. PUSDIKA MITRA JAYA.

Cahani, K., & Effendi, K. N. S. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Kelas IX pada Materi Bangun Datar Segiempat. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 2008, 120–128.

Elita, G. S., Habibi, M., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Metakognisi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 447–458. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.517

Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS INDONESIA (TREND IN INTERNATIONAL MATHEMATICS AND SCIENCE STUDY). Jurusan Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 8(1), 562–569. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i1.302

Jaya, I. (2019). Penerapan Statistik Untuk Penelitian Pendidikan. PRENADAMEDIA GROUP.

Lase, S. (2020). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education ( Rme ) Terhadap Kemampuan Pemahaman. Jurnal ReviewPendidikan Dan Pengajaran, 3(2), 462–468.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. PT Rafka Aditama.

Lubis, R. B. (2023). Mengulik hasil PISA 2022 Indonesia: Peringkat naik, tapi tren penurunan skor berlanjut.

Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303

Muti, D., Ermiana, I., & Fauzi, A. (2023). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education ( RME ) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Motivasi Belajar Matematika Siswa. Journal of Classroom Action Research Http://Jppipa.Unram.Ac.Id/Index.Php/Jcar/Index Pengaruh, 5(3), 78–85. http://jppipa.unram.ac.id/index.php/jcar/index%0APengaruh

Novitasari, N., & Wilujeng, H. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Smp Negeri 10 Tangerang. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 137. https://doi.org/10.31000/prima.v2i2.461

Sari, A., & Yuniati, S. (2018). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (Rme) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 71–80. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.49

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif. ALFABETA.

Suhandri, Marzuki, & Negara, H. R. P. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. JARME, 1(2655–7762), 93–104. https://doi.org/10.35194/jp.v12i1.2617

Susanti, S., & Nurfitriyanti, M. (2018). Pengaruh Model Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Kelas VII SMPN 154 Jakarta. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3(2), 115. https://doi.org/10.30998/jkpm.v3i2.2260

Utomo, A. S. (2023). Kajian Model RME Berbasis Ethnomatematika untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. COMSERVA Indonesian Jurnal of Community Services and Development, 2(09), 1969–1976. https://doi.org/10.59141/comserva.v2i09.596

Zaenuri, Dwidayati, N., & Suyitno, A. (2018). Pembelajaran matematika melalui pendekatan etnomatematika (studi kasus pembelajaran matematika di China).

Unduhan

Diterbitkan

31-12-2024

Cara Mengutip

Wulandari, R., Lubis, M. S., & Siregar, T. J. . (2024). PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA . Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(6). Diambil dari https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan/article/view/1242

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 6 > >>