PERBEDAAN PEMAHAMAN KONSEP DAN BERPIKIR KRITIS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TFL DAN NHT

Penulis

  • Azra Anggraini UIN SUMATERA UTARA
  • Wahyudin Nur Nasution UIN SUMATERA UTARA
  • Mara Samin Lubis UIN SUMATERA UTARA

Kata Kunci:

Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Kemampuan Berpikir Kritis, The Firing Line, Number Head Together

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 58 Sukaramai Medan Tahun Ajaran 2020/2021 dan sampelnya adalah siswa kelas VIII-1 dan VIII-2. Analisis data dilakukan dengan analisis varian (ANAVA). Hasil temuan ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe The Firing Line dan Number Head Together di kelas VIII SMP  Muhammadiyah 58 Sukaramai Medan dengan Fhitung (4,275) > Ftabel (4,007); 2) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe The Firing Line dan Number Head Together di kelas VIII SMP  Muhammadiyah 58 Sukaramai Medan dengan Fhitung (4,929) > Ftabel (4,007); 3) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemampuan berpikir kritis dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe The Firing Line dan Number Head Together di kelas VIII SMP  Muhammadiyah 58 Sukaramai Medan Fhitung (11,431) > Ftabel (9,151).

ABSTRACT

This research is a quantitative research, with a quasi-experimental type of research. The opulation used was all grade VIII students of SMP Muhammadiyah 58 Sukaramai Medan for the 2020/2021 academic year and the samples were grade VIII-1 and VIII-2 students. Data analysis was performed by analysis of variance (ANOVA). These findings indicate that: 1) There are differences in the ability to understand mathematical concepts using cooperative learning models of The Firing Line and Number Head Together types in class VIII SMP Muhammadiyah 58 Sukaramai Medan with Fcount (4.275) > Ftable (4.007) ; 2) There are differences in critical thinking skills by using cooperative learning model type The Firing Line and Number Head Together in class VIII SMP Muhammadiyah 58 Sukaramai Medan with Fcount (4.929) > Ftable (4.007) ; 3) There are differences in the ability to understand mathematical concepts and the ability to think critically by using cooperative learning models of The Firing Line and Number Head Together types in class VIII SMP Muhammadiyah 58
Sukaramai Medan Fcount (11,431) > Ftable (9,151). 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

28-02-2022

Cara Mengutip

Anggraini, A., Nasution, W. N., & Lubis, M. S. (2022). PERBEDAAN PEMAHAMAN KONSEP DAN BERPIKIR KRITIS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TFL DAN NHT. Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 10–16. Diambil dari https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan/article/view/272

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>