PERBEDAAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN RESOURCE BASED LEARNING

Penulis

  • Indah Kurnianingsih UIN Sumatera Utara Medan
  • Siti Maysarah UIN Sumatera Utara Medan
  • Lisa Dwi Afri UIN Sumatera Utara Medan

Kata Kunci:

Kemampuan Penalaran Matematis, Model Project Based Learning, Resource Based Learning

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan Resource Based Learning (RBL) di kelas VIII MTs Al-Jihad Kerasaan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Al-Jihad Kerasaan dengan dua kelas sebagai sampel yaitu kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen I dan Kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen II. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan cluster random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa adalah dengan menggunakan tes berbentuk uraian. Uji analisis yang digunakan adalah uji Indepndent Sample t test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Project Based Learning dan Resource Based Learning di kelas VIII MTs Al-Jihad Kerasaan, dengan nilai thitung  = 7.10 > ttabel = 1,67 dan hasil nilai rata-rata post-test model PjBL = 54.90 < nilai rata-rata post-test model RBL = 75, dimana terdapat selisih 20.10 poin sehingga Ha =   0.

ABSTRACT This study aims to determine the differences in mathematical reasoning abilities of students taught with Project Based Learning and Re learning models. This research is a quantitative research, with a quasi-experimental type of research. The population in this study was all students of grade VIII MTs Al-Jihad Kerasaan with two classes as samples, namely class VIII-1 as experimental class I and Class VIII-2 as experimental class II. Sampling technique using cluster random sampling. The instrument used to determine students' mathematical reasoning ability is to use a test in the form of a description. The analysis test used is the Indepndent sample t test. The results of this study show that there are differences in the mathematical reasoning ability of students taught with Project Based Learning and Resource Based Learning learning models in class VIII MTs Al-Jihad Kerasaan, with tcalculate = 7.10 > ttable = 1.67 and the results of the average post-test score for the PjBL model = 54.90 < the average post-test score for the RBL model = 75, where there is a difference of 20.10 points so that Ha = μ ≠ 0.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abidin, Z., Utomo, A. C., Pratiwi, V., & Farokhah, L. (2020). Pembelajaran Project Based Learning – Literasi dalam Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa di Sekolah Dasar. Edukarya, 1(1), 35–42.

Akuba, S. F., Purnamasari, D., & Firdaus, R. (2020). Pengaruh Kemampuan Penalaran, Efikasi Diri dan Kemampuan Memecahkan Masalah Terhadap Penguasaan Konsep Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1). https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2827

Darmadi, H. (2019). Pengantar Pendidikan Era Globalisasi Konsep Dasar, Teori, Strategi Dan Implementasi Dalam Pendidikan Globalisasi. An1mage.

Dra. Nur Wahyumiani, M. A. (2023). Pengantar Kependidikan. CV. Bintang Semesta Media. https://books.google.co.id/books?id=m-u1EAAAQBAJ

Fajerin, F., & Dermawan, D. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Dengan Model Pembelajaran Resource Based Learning ( Studi Kasus : Smkn 1 Jombang ). Jurnal IT-EDU, 05(01).

Fatimah, Herlina, A., & Nurlyana. (2021). Pengaruh Pendekatan Resource Based Learing Terhadap Kemampuan Penalaran dan Pembuktian Matematis Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Wonomulyo. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(2), 395–404.

Jumri Rahmat, & Murdiana. (2022). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dengan Resource Based Learning . Aksioma , 11(1), 1–7.

Konita, M., Asikin Mohammad, Konita, M., & Asih Tri Sri Noor. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis dalam Model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE). 611–615.

Maudi Nadea. (2016). Implementasi Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa . Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia , 1(1), 39–43.

Saputro, O. A., & Rayahub, T. S. (2020). Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Monopoli terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1).

Saputro Okta Aji, & Rahayu Theresia Sri. (2020). Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Monopoli Terhadap Kemampauan Berpikir Kritis . Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran , 4(1), 185–193.

Sopian Yopi Ahmad, & Afriansyah Ekasatya Aldila. (2017). Kemampuan Proses Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving Dan Resource Based Learning (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas X SMK Krija Bhakti Utama Limbangan) . Jurnal Elemen , 3(1), 97–107.

Unduhan

Diterbitkan

13-08-2024

Cara Mengutip

Kurnianingsih, I., Maysarah, S., & Afri, L. D. (2024). PERBEDAAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN RESOURCE BASED LEARNING. Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(4). Diambil dari https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan/article/view/1119

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 > >>