ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL DENGAN METODE ELIMINASI GAUSS JORDAN

Penulis

  • Novia Lestari Mahasiswa UIN Sumatera Utara
  • Fauziah Nasution Mahasiswa UIN Sumatera Utara
  • Lisa Dwi Afri Mahasiswa UIN Sumatera Utara

Kata Kunci:

Pendidikan Matematika

Abstrak

Riset ini dilaksanakan untuk mengetahui letak  kesalahan  peserta  didik,  jenis  kesalahan  peserta didik, dan faktor penyebab kesalahan peserta didik menyelesaikan soal SPL dengan metode gauss- jordan pada Siswa MAN Batubara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII-IPA2 MAN BatuBara yang berjumlah 26 siswa dengan mengambil 8 siswa untuk dijadikan sebagai subjek wawancara. Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan menarik kesimpulan. Hasil temuan ini menunjukkan: 1) Siswa berkemampuan tinggi, terdapat 4 siswa dengan pencapaian rentang nilai mulai dari 81-100 yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM); 2) Siswa berkemampuan sedang, terdapat 4 siswa dengan pencapaian rentang nilai mulai dari 65-80 yang hampir dibawah KKM; 3) Siswa berkemampuan rendah, memiliki kesalahan yang cukup  banyak dengan pencapaian rentang nilai mulai dari 0-64 nilai dibawah KKM. Simpulan penelitian ini menjelaskan (1) Letak kesalahan siswa adalah: (a) Kesalahan Fakta, (b) membuat model matematika, (c) kesalahan Operasi, (d) kesalahan penulisan  angka,  dan  (e)  kesalahan  tidak  menjawab  soal,  (2) faktor yang menyebabkan kesalahan siswa yaitu:  (a)  faktor  kesalahan  fakta  (b)  faktor  kesalahan konsep, (c) faktor kesalahan operasi, (d) faktor kesalahan kecerobohan, dan (e)  faktor  kesalahan penarikan kesimpulan.

Kata Kunci : Kesalahan Siswa; Menyelesaikan Soal; Metode Gauss Jordan.

 

ABSTRACT    This research was carried out to find out the location of student errors, types of student errors, and factors causing student errors in solving SPL questions using the gauss-jordan method for students of MAN Batu Bara. This research is a qualitative research, with the type of descriptive research. The research subjects were students of class XII-IPA2 MAN Batubara totaling 26 students by taking 8 students to serve as interview subjects. Data analysis was carried out by collecting data, presenting data, reducing data, and drawing conclusions. These findings indicate: 1) High-ability students, there are 4 students with a range of scores ranging from 81-100 who meet the Minimum Completeness Criteria (KKM); 2) Students with moderate ability, there are 4 students with the achievement of a range of values ranging from 65-80 which is almost below the KKM; 3) Low-ability students,  have quite a lot of errors with the achievement of a range of values  ranging from 0-64 scores below the KKM. The conclusions of this study explain (1) The location of students' errors are: (a) Fact errors, (b) making mathematical models, (c) Operation errors, (d) number writing errors, and (e) errors not answering questions, (2) The factors that cause student errors are: (a) fact error factor (b) conceptual error factor, (c) operating error factor, (d) carelessness error factor, and (e) conclusion error factor. 

Keywords ; Student Errors, Solving Problems, Gauss Jordan Method.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

25-10-2021

Cara Mengutip

Lestari, N., Nasution, F., & Afri, L. D. (2021). ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL DENGAN METODE ELIMINASI GAUSS JORDAN. Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 143–149. Diambil dari https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan/article/view/60

Artikel Serupa

1 2 3 4 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>