PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS GAME-BASED LEARNING SEBAGAI BAHAN AJAR MATEMATIKA PADA MATERI SPLTV

Penulis

  • Cindy Ardianty UIN Sumatera Utara Medan
  • Masganti Sitorus UIN Sumatera Utara Medan
  • Fibri Rakhmawati UIN Sumatera Utara Medan

Kata Kunci:

modul; game-based learning, bahan ajar model pengembangan 4D

Abstrak

Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (four-D). Subjek pada penelitian ini adalah (1) tiga validator yakni ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa, (2) guru matematika, dan (3) peserta didik kelas X MIA- 1 SMA Negeri 5 Binjai. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, wawancara, dan penilaian modul oleh validator untuk mengukur kevalidan, lembar evaluasi modul oleh guru matematika dan peserta didik untuk mengukur kepraktisan, serta lembar tes sebelum dan setelah penggunaan modul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) produk yang dikembangkan adalah berupa modul cetak berbasis game-based learning dengan ukuran 210 mm x 297 mm, (2) tingkat kevalidan modul pembelajaran berbasis game based learning oleh ahli materi menunjukkan persentase sebesar 90% dengan kriteria sangat valid, ahli media 93,64% dengan kriteria sangat valid, dan ahli bahasa 95,38% dengan kriteria sangat valid, (3) tingkat kepraktisan modul pembelajaran berbasis game-based learning oleh guru matematika berada pada kriteria sangat praktis dengan persentase 94% dan peserta didik 91,17%, dan (4) ujicoba tes hasil belajar peserta didik mendapat skor rata-rata N-Gain sebesar 0,4917 dengan kriteria efektivitas yang sedang dan diperoleh selisih rata-rata nilai pre-test dan post-test sebesar 25,44.

ABSTRACT           This type of research is Research and Development (R & D) with 4D (four-D). The subjects in this research were (1) three validators, namely material experts, media experts, and linguists, (2) mathematics teachers, and (3) students of class X MIA-1 SMA Negeri 5 Binjai. The instruments used were interview observation sheets, module assessment sheets
by validators to measure validity, module evaluation sheets by mathematics teachers and students to measure practicality, and test sheets before and after using the module. The results showed that (1) the product developed was a printed module based on game-based learning with a size of 210 mm x 297 mm, (2) the level of validity of the learning module
based on game-based learning by material experts showed a percentage of 90% with very valid criteria, media experts showed 93,64% with very valid criteria, and linguists showed 95,38% with very valid criteria, (3) the level of practicality of the learning module based on game-based learning by mathematics teachers was in very practical criteria with a percentage of 94%, and students showed 90,94%, and (4) test trials of student learning outcomes get an average score N-Gain is 0,4917 with moderate effectiveness criteria and the average difference between pre-test and post-test scores is 25,44.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Astuti, A. S. (2020). Tahap Preliminary Research Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Game Pada Materi PERSAMAAN TRIGONOMETRI DI KELAS XI MIA. Journal on Education. 02 (03). 270–274.

Hobri. (2021). Metodologi Penelitian Pengembangan (Aplikasi pada Penelitian Pendidikan Matematika.

Idris, L. &. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP. Pengembangan Modul Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Minat SMP. 9 (2). 161–174. https://doi.org/10.21831/pg.v9i2.9077

Supardi, A. A., G. Y. & A. F. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Kontruktivisme pada Materi Logaritma. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika. 1 (10). 80–92.

Susilo, A., Siswandari, & Bandi. (2016). Pengembangan Modul Berbasis Pembelajaran Saintifik untuk Peningkatan Kemampuan Mencipta Siswa dalam Proses Pembelajaran Akuntansi Siswa Kelas XII SMA N 1 Slogohimo. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. 26 (1). 50–56.

Zega, A. S., Purwantono, P., Erizon, N., & Nurdin, H. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Ilmu Bahan Kelas Xi Tkn Di Smk Negeri 10 Padang. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek). 3 (1). 25–29. https://doi.org/10.24036/vomek.v3i1.175

Unduhan

Diterbitkan

29-04-2023

Cara Mengutip

Ardianty, C., Sitorus, M. ., & Rakhmawati, F. . (2023). PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS GAME-BASED LEARNING SEBAGAI BAHAN AJAR MATEMATIKA PADA MATERI SPLTV. Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 147–153. Diambil dari https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan/article/view/824

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 > >>