PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
Kata Kunci:
Model contextual teaching and learning, Pemahaman konsep matematika, Berpikir kritis matematika, Teorema PythagorasAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika dan kemampuan berpikir kritis matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran contextual teaching and learning pada materi teorema Pythagoras di MTs Al-Washliyah Tembung. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, desain yang digunakan adalah quasi experimental dengan model nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Al-Washliyah Tembung. dengan subjek 30 orang siswa. Hasil penelitan ini menggunakan uji hipotesis dengan uji-t, sebelumnya dilakukan uji prayarat dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Perolehan uji hormalitas sebesar Lhitung = 0,1523 dan Ltabel = 0,161 ternyata Lhitung < Ltabel maka Ha diterima, selajutnya diperoleh uji homogenitas x2hitung < x2tabel atau 3,113 < 3354. Hasil perhitungan uji- t diperoleh bahwa thitung > ttabel atau 2,064 > 2,001 maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap kemampuan berpikir kritis.
ABSTRACT
This study aims to improve the ability to understand mathematical concepts and the ability to think critically in mathematics by applying the contextual teaching and learning learning model to the Pythagorean theorem material at MTs Al-Washliyah Tembung. This type of research is experimental research, the design used is quasi-experimental with a
nonequivalent control group design model. The population in this study were all eighth grade students of MTs Al-Washliyah Tembung. with the subject of 30 students. The results of this study used a hypothesis test with a t-test, previously carried out a prerequisite test using the normality test and homogeneity test. Obtaining a normality test of Lcount = 0.1523 and Ltable = 0.161 turns out that Lcount < Ltable then Ha is accepted, then the homogeneity test is obtained x2count < x2table or 3.113 <3354. The results of the t-test calculation show that tcount > ttable or 2,064 > 2,001 then it can be concluded there is a significant effect of applying the contextual teaching and learning model to critical thinking skills.