PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Penulis

  • Syahroini Faridha Tunnur Damanik UIN Sumatera Utara Medan
  • Neliwati UIN Sumatera Utara Medan
  • Fibri Rakhmawati UIN Sumatera Utara Medan

Kata Kunci:

Lembar Kerja Peserta Didik, Hasil Belajar Matematika

Abstrak

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terhadap hasil belajar matematika siswa yang signifikan; (2) Untuk mengetahui hasil belajar matematika pada pembelajaran; (3) Untuk mengetahui terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terhadap hasil belajar. Pengaruh penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) siswa di kelas VIII MTs AL-HIKMAH Marihat Bandar kab. Simalungun selalu. Perolehan skor tertinggi yaitu 85 dan skor terendah adalah 75, sedangkan rata-ratanya adalah 82,356 dan hasil uji hipotesis menggunakan uji t yaitu t hitung > t tabel dengan t hitung = 2,5705478 dan t tabel = 0,021075. Terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas VIII MTs AL-HIKMAH Marihat Bandar kab. Simalungun.

 

ABSTRACT         This study aims: (1) to determine the use of Student Worksheets (LKPD) on significant student learning outcomes in mathematics; (2) To find out the results of learning mathematics in learning; (3) To find out the significant influence of the use of Student Worksheets (LKPD) on learning outcomes. The Influence of the Use of Student Worksheets (LKPD) of students in class VIII MTs AL-HIKMAH Marihat Bandar kab. Simalungun always. The highest score obtained is 85 and the lowest score is 75, while the average is 82,356 and the results of hypothesis testing using t test are t count > t table with t count = 2.5705478 and t table = 0.021075. There is a significant effect of the use of Student Worksheets (LKPD) on students' mathematics learning outcomes in class VIII MTs AL-HIKMAH Marihat Bandar kab. Simalungun.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ahmad, Susanto. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. (Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2013). 183-185.

Hardiyono, Testa Nur. (2011). Penerapan Pembelajaran Humanis Pada Siswa Ditinjau Dari Minat Belajar Matematika (Eksperimen Pembelajaran Matematika Di Kelas VIII MTs Muh. 6 Sambi. Skripsi thesis. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hidayah. 2006 . Hand Out Work Shop Pendidikan . Semarang: UNNES.

Muhamad Yusup. (2010). Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Lembar Kerja Siswa (Lks) Interaktif Berbasis Komputer. Jurnal Pendidikan Matematika.

Nungki P.S. (2008). Membantu Anak Belajar Matematika. Yogyakarta: Penerbit Tugu.

Rosidin dkk. (2013). Pengembangan LKPD. (Lembar Kerja Peserta Didik) Model Inkuiri Terbimbing Materi Pokok Optika.

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Predana Media Group.

Olivia Cherly Wuwung . 2020. Strategi Pembelajaran & Kecerdasan Emosional Surabaya: Scopindo Media Pustaka. 2020.

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2022

Cara Mengutip

Damanik, S. F. T., Neliwati, & Rakhmawati, F. . (2022). PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(5), 627–632. Diambil dari https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan/article/view/561

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>