PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRUTH OR DARE BERBASIS PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Penulis

  • Nur Isnanita UIN Sumatera Utara Medan
  • Fibri Rakhmawati UIN Sumatera Utara Medan
  • Reflina UIN Sumatera Utara Medan

Kata Kunci:

Media Pembelajaran, Truth or Dare, Berpikir Kritis

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk media pembelajaran Truth or Dare berupa roda pemutar dan kartu permainan yang dapat diterapkan pada materi Statistika kelas VIII. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan research and development dan model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4D yang memiliki empat tahapan yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), and disseminate (penyebaran). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Truth or Dare dikatakan layak sebagai media pembelajaran dengan memperoleh skor 96,92% dan dikatakan praktis dengan perolehan skor 82,85%. Selain itu, media Truth or Dare dikatakan efektif karena dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan memperoleh skor N-Gain sebesar 53,34%.

ABSTRACT The aim of this research is to produce Truth or Dare learning media products in the form of spinning wheels and game cards that can be applied to class VIII Statistics material. This research uses research and development research methods and the development model used is the 4D development model which has four stages, namely define, design, development, and disseminate. The results of this research show that Truth or Dare is said to be suitable as a learning medium with a score of 96.92% and is said to be practical with a score of 82.85%. Apart from that, Truth or Dare media is said to be effective because it can improve students' critical thinking skills by obtaining an N-Gain score of 53.34%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdullah, F. S. (2018). Pengambangan Media Pembelajaran Matematika Trigo Fun Berbasis Game Edukasi Menggunakan Adobe Animate pada Materi Trigonometri. AKSIOMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 434-443.

Alfariez, R. &. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMKN 71 Jakarta. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam, 6(1), 1-14.

Arigunawan I.M.W, d. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Game Edukasi pada Pokok Bahasan Bilangan Bulat untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 9(1), 19-31.

Krisbiantoro, D. &. (2017). Game Matematika Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Matematika siswa Sekolah Dasar. Jurnal Telematika, 10(2), 1-11.

Kuwatno, N. &. (2017). Pengembangan Media Papan Permainan Matematika (Paper Math). Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 93-105.

Maulidina, d. (2018). Pengembangan Game Based Learning Berbasis Pendekatan Saintifik pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JINOTEP: Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 4(2), 113-118.

Pramuditya, S. A. (2018). Desain Game Edukasi Berbasis Android pada Materi Logika Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 165-179.

Riduwan. (2015). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development). Bandung: Alfabeta.

Sunarto, R. &. (2013). Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Surya Amami Pramuditya, M. S. (2017). Game Edukasi RPG Matematika. EduMa: Mathematics Education Learning and Teaching, 6(1), 77-84.

Oktavia, M., Prasasty, A. T., & Isyroti. (2019). Uji normalitas gain untuk pemantapan dan modul dengan one group pre and post test. Simposium Nasional Ilmiah Dengan Tema: (Peningkatan Kualitas Publikasi Ilmiah Melalui Hasil Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1). 596-601. https://doi.org/https://doi.org/10.30998/simponi.v l i l.439

Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B.S. (2020). Pentingnya Media dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1). 23-27. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.77

Yuliana, R. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan Pmri pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung untuk SMP Kelas IX. Jurnal Pedagogi Matematika, 6(1). 60-67. https://eprints.uny.ac.id/eprint/41539

Unduhan

Diterbitkan

12-08-2024

Cara Mengutip

Isnanita, N., Rakhmawati, F., & Reflina. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRUTH OR DARE BERBASIS PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS. Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(4). Diambil dari https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan/article/view/1122

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 > >>