PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD BERBANTUAN MEDIA KARTU DOMINO TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR
Kata Kunci:
Model Pembelajaran STAD Berbantuan Media Kartu Domino, Motivasi Belajar, Hasil Belajar MatematikaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD berbantuan media kartu domino terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada materi Trigonometri di kelas X SMA Negeri 7 Medan. Metode penelitian menggunakan pendekatan desain Nonequivalent Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian
ini mencakup seluruh siswa kelas X SMA Negeri 7 Medan dengan dua kelas sebagai sampel yaitu kelas X MIPA-4 dan X MIPA-5. Teknik pengambilan sampel yang dipakai yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan memberikan angket kuesioner dan tes berbentuk uraian. Hasil penelitian menunjukkan: (1) motivasi belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran STAD berbantuan media kartu domino lebih baik dari yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional; (2) hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran STAD berbantuan media kartu domino lebih baik daripada diajarkan dengan model pembelajaran konvensional; (3) motivasi belajar dan hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran
STAD berbantuan media kartu domino lebih baik daripada diajarkan dengan model pembelajaran konvensional.
ABSTRACT This study aimed to determine the effect of the STAD learning model on learning motivation and student learning outcomes in Trigonometry material in class X SMA Negeri 7 Medan. The research metodology using the Nonequivalent Group Posttest Only Design. In this research, the population consists of all students in class X at SMA Negeri 7 Medan, with two classes serving as samples: class X MIPA-4 and X MIPA-5. Purposive sampling is utilized as the method of sampling. Techniques for collecting data through delivering questionnaires and tests as descriptions. The results showed: (1) the learning motivation of students who are taught by the STAD learning model with the help of domino card media is better than the motivation of students who are taught by the conventional learning model; (2) Mathematics learning outcomes taught by the STAD learning model assisted by domino card media are better than those taught by conventional learning models; (3) learning motivation and Mathematics learning outcomes taught by the STAD learning model assisted by domino card media are better than learning motivation and learning outcomes taught by conventional learning models.
Unduhan
Referensi
Fahrurrozi, & Hamdi, S. (2017). Metode Pembelajaran Matematika (D. S. M. Ibrahim (ed.); Pertama). Universitas Hamzanwadi Press.
Imtihan, Marhaeni, A. A. I. ., & Suastra, W. I. (2013). TIPE STAD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. 3(2).
Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran Matematika (Pertama). Deepublish.
Payadnya, I. P. A. A. P., Noviantari, P. S., Jayantika, I. G. A. N. T. J., & Permatasari, I. G. A. V. (n.d.). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA KARTU DOMINO TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA. 161–167.
Rachmawati, F. I., Sahputra, R., & Rasmawan, R. (n.d.). PENGARUH STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION BERBANTUAN DOMINO-CHEM TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA. 1–9.
Santia, I. (n.d.). ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMP. 3, 81–85.
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013 (R. KR (ed.); Pertama). Ar-Ruzz Media.
Sudjana, N. (2019). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar (H. Suryana (ed.); Kelima bel). SBAlgensindo.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif (Setiyawami (ed.); Kedua). ALFABETA, cv.
Suprijono, A. (2012). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Pustaka Belajar.
Syafik, A. (2006). MPERMAINAN MATEMATIKA SEBAGAI METODE ALTERNATIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR Abu Syafik. LIMIT-Pendidikan Matematika, 21–36.
Uno, H. B. (2021). Teori Motivasi & Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan (Tarmizi (ed.); Ketujuh be). Bumi Aksara.