ANALISIS LITERASI DIGITAL GEOMETRI TENTANG KONSEP RUANG DAN BENTUK PADA MATA KULIAH GEOMETRI DASAR

Penulis

  • Frida Murtinasari Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Fadil Universitas PGRI Argopuro Jember

Kata Kunci:

Literasi Digital, Geometri, Pandemi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan analisis penggunaan literasi digital geometri tentang konsep. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya pembelajaran daring di era pandemi yang mengakibatkan semua mahasiswa harus menggunakan dan bersahabat dengan literasi digital.Penelitian ini dalksanakan pada mahasiswa semester 1 Universitas PGRI Argopuro Jember yang menenpuh mata kuliah Geometri Dasar. Dalam penelitian ini dihasilkan Indikator intensitas penerapan dan pemanfaatan literasi digital dalam kegiatan pembelajaran serta indikator pembelajaran yang menggunakan media digital meperoleh nilai skoring dan prosentase yang tinggi yaitu 4,8 dan 96 %. Kemudian indikator jumlah dan variasi bahan bacaan dan alat peraga berbasis digital memperoleh nilai yang baik dengan skor 4 dan prosntase 80% dan indikator tingkat pemahaman mahasiswa dalam menggunakan bahan atau media literasi digital memperoleh yang cukup yaitu skor 3,7 dan prosentase 74%.

 

ABSTRACK                    This research aims to produce an analysis of the use of geometric digital literacy on concepts. This research was motivated by the existence of online learning in the pandemic era which resulted in all students having to use and be friendly with digital literacy. This research was carried out on semester 1 students of PGRI Argopuro Jember University who took Basic Geometry courses. In this study, indicators of the intensity of the application and use of digital literacy in learning activities and learning indicators using digital media obtained high scores and percentages, namely 4.8 and 96%. Then the indicator of the number and variety of reading materials and digital-based teaching aids got a good score with a score of 4 and a percentage of 80% and an indicator of the level of understanding of students in using digital literacy materials or media obtained a sufficient score of 3.7 and a percentage of 74%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

28-08-2022

Cara Mengutip

Murtinasari, F., & Djamali, M. F. (2022). ANALISIS LITERASI DIGITAL GEOMETRI TENTANG KONSEP RUANG DAN BENTUK PADA MATA KULIAH GEOMETRI DASAR. Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(4), 434–438. Diambil dari https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan/article/view/556