PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL ELICAITING ACTIVITIES TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP

Penulis

  • Lara Febria Sari UIN SUMATERA UTARA
  • Neliwati UIN SUMATERA UTARA
  • Tanti Jumaisyaroh Siregar UIN SUMATERA UTARA

Kata Kunci:

Pendekatan Model-Elicaiting Activities (MEAs), Kemampuan Pemahaman Konsep matematis

Abstrak

Penenlitin ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran matematika Mode-Elicaiting Activities (MEAs) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelititian Quasi Eksperimental Design atau desaian eksperimen semu dengan rancangan penelitian yaitu Pretest-Posttest Control Grup Design. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari VIII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik Simple Random Sampling. Pada kelas eksperimen diberikan pendekatan pembelajaran MEAs sedangkan kelas control diberikan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian penelitian menggunakan tes bentuk uraian untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Data hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematis dianalisis menggunakan Independent t-test (Uji-t). Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan pembelajaran Model-Elicaiting Activities (MEAs) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika dengan nilai thitung > ttabel atau 4,4320 > 2,000.

ABSTRACT

This study aims to determine the effect of the Mode-Elicaiting Activities (MEAs) mathematics learning approach on students' ability to understand mathematical concepts. This research is a Quasi Experimental Design research or a quasi-experimental design with a research design that is Pretest-Posttest Control Group Design. The sample in this study consisted of VIII-A as the experimental class and class VIII-B as the control class which were selected using the Simple Random Sampling technique. The experimental class was given the MEAs learning approach while the control class was given conventional learning. The research instrument used a descriptive form test to measure students' ability to understand mathematical concepts. Data from the test results of the ability to understand mathematical concepts were analyzed using the Independent t-test (t-test). The results of data analysis show that there is a significant effect of the Model- Elicaiting Activities (MEAs) learning approach on the ability to understand mathematical concepts with a value of tcount > ttable or 4,4320 > 2,000.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

28-02-2022

Cara Mengutip

Sari, L. F., Neliwati, & Siregar, T. J. . (2022). PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL ELICAITING ACTIVITIES TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP . Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 77–87. Diambil dari https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan/article/view/252

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 > >>