PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI INTEGRAL

Penulis

  • Taufik Maulana Sihotang UIN Sumatera Utara Medan
  • Asrul UIN Sumatera Utara Medan
  • Eka Khairani Hasibuan UIN Sumatera Utara Medan

Kata Kunci:

Talking Stick, Discovery Learning, Hasil Belajar

Abstrak

Siswa cenderung tidak dinamis dalam sistem pembelajaran matematika, terlebih matematika menjadi seperti hal yang sangat menakutkan dikarenakan pandangan awal dari dalam diri siswa sendiri yang menganggap bahwa matematika adalah hal yang sangat sulit dan pelajaran yang sangat membosankan Metodologi Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIPA sebanyak 105 siswa. sampel penelitian ini yaitu kelas XI MIPA 1A sebanyak 17 siswa dan XI MIPA 2A sebanyak 17 siswa. instrument penelitian yang digunakan adalah berbentuk tes uraian. hasil temuan ini menunjukan bahwa Terdapat Perbedaan Hasil Belajar Siswa yang Diajarkan dengan Model Pembelajaran talking stick dan Discovery Learning pada Materi Integral di Kelas XI SMAN 1 Batangtoru. Hasil pengujian uji-t diperoleh thitung > ttabel yakni thitung sebesar 3,88 dan ttabel = 2,14 pada taraf α=0,05 yaitu 3,88 > 2,14 arti hipotesis alternatif (Ha) diterima. 

ABSTRACT Students tend not to be dynamic in the mathematics learning system, especially mathematics becomes something very scary because of the initial view from within the students themselves who consider mathematics to be very difficult and a very boring lesson. Methodology This study uses a quantitative research method. The population of the study was all students of class XI MIPA as many as 105 students. The sample of this study was class XI MIPA 1A as many as 17 students and XI MIPA 2A as many as 17 students. The research instrument used was in the form of a descriptive test. The findings show that there are differences in student learning outcomes taught with the talking stick and Discovery Learning learning models on integral material in class XI SMAN 1 Batangtoru. The results of the t-test obtained t-count > t-table, namely t-count of 3.88 and t-table = 2.14 at the α = 0.05 level, namely 3.88 > 2.14, meaning the alternative hypothesis (Ha) is accepted.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Afsari, S., Safitri, I., Harahap, S. K., & Munthe, L. S. (2021). Systematic Literature Review: Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Matematika. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3). https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i3.117

Arifin, Z. (2018). Perbandingan Model Pembelajaran Discovery Learning dan Talking Stick terhadap Hasil Belajar. EDURELIGIA; JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 2(2). https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.457

Cahyani, Y., & Sowanto, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Tehadap Hasil Belajar Matematis Siswa SMA. SUPERMAT (Jurnal Pendidikan Matematika), 5(1). https://doi.org/10.33627/sm.v5i1.554

E. E. Bahar, M. R. Usman, I. A. Pratiwi, U. M. M. (2022). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING Oleh. Mathematic Education Journal)MathEdu, 5(2).

Edi, S., & Rosnawati, R. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika Model Discovery Learning. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2). https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i2.3604

Kurniawati, K. R. A., & Negara, H. R. P. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Artikulasi dan Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 1(1). https://doi.org/10.31764/jtam.v1i1.2

Masana, K. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Journal of Education Action Research, 6(4). https://doi.org/10.23887/jear.v6i4.45861

PeranginAngin, R. B., Panjaitan, S., Hutauruk, A., Manik, E., & Tambunan, H. (2021). Arah dan Trend Penelitian Pendidikan Matematika di Jurnal Riset Pendidikan Matematika (JRPM). VYGOTSKY, 3(1). https://doi.org/10.30736/voj.v3i1.340

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1).

Surur, M., & Oktavia, S. T. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA. Jurnal Pendidikan Edutama, 6(1). https://doi.org/10.30734/jpe.v6i1.341

Syaadah, R., Ary, M. H. A. A., Silitonga, N., & Rangkuty, S. F. (2023). PENDIDIKAN FORMAL, PENDIDIKAN NON FORMAL DAN PENDIDIKAN INFORMAL. PEMA (JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 2(2). https://doi.org/10.56832/pema.v2i2.298

Unduhan

Diterbitkan

31-12-2024

Cara Mengutip

Sihotang, T. M., Asrul, & Hasibuan, E. K. . (2024). PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI INTEGRAL. Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(6). Diambil dari https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan/article/view/1241

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 > >>