PENGARUH PROJECT BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SELF EFFICACY

Penulis

  • Chantika Dinda Putri Daulay UIN Sumatera Utara Medan
  • Asrul UIN Sumatera Utara Medan
  • Eka Khairani Hasibuan UIN Sumatera Utara Medan

Kata Kunci:

Project Based Learning, pendekatan saintifik, kemampuan berpikir kritis matematis , self efficacy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis matematis dan self efficacy peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasy experiment dan menggunakan desain two-group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII MTs Al-Mahrus Medan. Sampel penelitian diambil dengan teknik sampling jenuh. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji-t. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik, hasil deskripsi tersebut didukung oleh skor N-Gain  yang mengalami perubahan pada kelas eksperimen sebesar 66,68% dengan kriteria cukup efektif dan pada kelas kontrol  mengalami perubahan sebesar 61,93% dengan kriteria cukup efektif, (2) terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning dengan pendekatan saintifik terhadap self efficacy peserta didik, hasil deskripsi tersebut didukung oleh skor N-Gain  yang mengalami perubahan pada kelas eksperimen sebesar 58,14% dengan kriteria cukup efektif dan pada kelas kontrol mengalami perubahan sebesar 41,59% dengan kriteria kurang efektif.

ABSTRACT The study aims to see the effect of the Project Based Learning model with a scientific approach on students’ mathematical critical thinking skills and self efficacy. This research is a quantitative research with a type of quasy experiment reserach and uses a two-group pretest-posttest design. The population in this study were student of class VIII MTs Al-Mahrus Medan. The sample was taken with saturated sampling technique. Hypothesis testing is done with t-test. The result of the study revealed that (1) there was an effect of the Project Based Learning model with a scientific approach on student mathematical critical thinking skills, the result of the description were supported by N-gain score which changed in experimental class by 66,68% with fairly affective criteria and in the control class changed by 61,93% with fairly affective criteria, (2) there was an effect of the Project Based Learning model with a scientific approach on student self efficacy, the result of the description were supported by N-gain score which changed in experimental class by 58,14% with fairly affective criteria and in the control class changed by 41,59% with less affective criteria.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agnafia, D. N. 2019. “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Biologi”. Flora: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 6 (1), 45-53.

Alifiah, P. 2019. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Dari

Resiliensi Matematis. Tasikmalaya: Universitas Siliwangi.

Hayati dkk. 2019.”Pengaruh Project Based Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Self Efficacy. “Jurnal Bioterdidik 7, no. 3.

Maulidiya, & Nurlelah. 2019. The Effect Of Problem Learning On Critical Thinking Ability In Mathematic Education. Jurnal of Physics Conference Series, 1-4.

Ningsih W.F., & Hayati I.R. 2020. “ The Impact of Self Efficacy on Mathematics Learning Processes and Outcome”. Jurnal on Teacher Education, 1 (2), 26-35.

Rakhmawati. 2018. Kajian Kemampuan Self efficacy Matematis Siswa Dalam Pemecahan Masalah. Jurnal Elektronik Pembelejaran Matematika, 44-54.

Rasul, A., dkk. 2022. Statistika Pendidikan Matematika. Kediri: Cv Kreator Cerdas Indonesia.

Rindiantika Y. 2021. “Pentingnya Pengembangan Kreativitas Dalam Keberhasilan Pembelajaran: Kajian Teoritik”. INTELEGENSIA: jurnal pendidikan dan pembelajaran, 6 (1).

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2024

Cara Mengutip

Putri Daulay, C. D., Asrul, & Hasibuan, E. K. (2024). PENGARUH PROJECT BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SELF EFFICACY. Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(5). Diambil dari https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan/article/view/1170

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 > >>