PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS RECIPROCAL TEACHING MATERI MATRIKS KELAS XI

Penulis

  • Mayang Vita Sara Universitas Islam Negeri Sumatra Utara
  • Rusydi Ananda Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Yahfizham Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Kata Kunci:

Lembar Kerja Peserta Didik, Reciprocal Teaching, Matriks

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk Lembar Kerja Peseta Didik (LKPD) berbasis Reciprocal Teaching pada materi matriks kelas XI yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan pengembnagan Research and Development (R&D) model 4-D. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas XI SMA MUHAMMADIYAH 4 BABALAN yang berjumlah 30 siswa. Analisis nilai LKPD dari para validator diperoleh indeks sebesar 0,75 untuk ahli materi memiliki kategori sedang atau valid, nilai indeks dari ahli media sebesar 0,94 dengan kategori tinggi atau sangat valid. Kalsifikasi angket guru dan hasil angket peserta didik memenuhi kriteria baik dengan presentase 82,8% yang menunjukkan bahwa LKPD berbasis Reciprocal Teaching memiliki kualitas praktis. Kefektifan diperoleh hasil ketuntasan belajar siswa sicara klasikal setelah menggunakan LKPD sangat efektif sebesar 80% (siswa yang mendapatkan skor ≥75) dimana hasil belajar siswa mengalami peningkatan 44%, sehingga penggunaan LKPD berbasis Reciprocal Teaching sangat efektif digunakan dalam pembelajaran. Setelah dilakukan perhitungan N-gain diperoleh rata-rata sebesar 0,56 dengan kategori sedang sehingga penggunaan LKPD berbasis reciprocal teaching efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

ABSTRACK                              This study aims to produce a Reciprocal Teaching-based Student Worksheet (LKPD) product in class XI matrix material that is valid, practical, and effective. This study uses a 4-D Research and Development (R&D) model. The subjects of this study were students of class XI SMA MUHAMMADIYAH 4 BABALAN, totaling 30 students.Analysis of the LKPD value from the validators obtained an index of 0.75 for material experts in the medium or valid category, the index value of media experts at 0.94 in the high or very valid category.. The classification of the teacher's questionnaire and the results of the student's questionnaire met the good criteria with a percentage of 82.8% which indicates that the LKPD based on Reciprocal Teaching has practical quality. The effectiveness of classical student learning mastery results obtained after using LKPD is very effective by 80% (students who get a score of 75) where student learning outcomes have increased by 44%, so the use of LKPD based on Reciprocal Teaching is very effective in learning. Then from the table above after calculating the N-gain, the average is 0.56 with the medium category so that the use of LKPD based on reciprocal teaching is effectively used to improve student learning outcomes

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

29-06-2022

Cara Mengutip

Sara, M. V., Ananda, R., & Yahfizham. (2022). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS RECIPROCAL TEACHING MATERI MATRIKS KELAS XI. Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 335–339. Diambil dari https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan/article/view/360

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 6 > >>