PENGEMBANGAN LKPD MODEL FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF

Penulis

  • Annisa Sabrina UIN Sumatera Utara
  • Didik Santoso UIN Sumatera Utara
  • Rusydi Ananda UIN Sumatera Utara

Kata Kunci:

LKPD, Kemampuan berpikir kritis, kemampuan berpikir kreatif, Critical Thinking Ability, Creative Thinking Ability

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis siswa dengan model pembelajaran flipped classroom kelas XI SMA Swasta Sultan Iskandar Muda Medan pada materi limit fungsi. Kualitas produk yang dikembangkan dinilai berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian research and development (R&D). Dengan model penelitian 4D yaitu define, design, develop, dan dessiminate. Kualitas keefektifan perangkat pembelajaran dikatakan efektif berdasarkan hasil pretest dan posttest dengan peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa dari pretest yaitu 9,09 % ke posttest yaitu 68,1% dengan kategori baik dan juga diukur kesignigikannya melalui uji t dengan hasil t hitung = 15,904 dan t tabel = 2,064, dimana t hitung > t tabel dengan keputusan terdapat perbedaan signifikan.

 Kata Kunci : LKPD; Kemampuan Berpikir Kritis; Kemampuan Berpikir Kreatif.

 

ABSTRAK       This study aims to develop a learning device for Student Worksheets (LKPD) to improve students' critical and creative mathematical thinking skills with the flipped classroom learning model for class XI at Sultan Iskandar Muda Private High School Medan on the limit function material. The quality of the developed products is assessed based on aspects of validity, practicality, and effectiveness. This research uses research and development (R&D) research methods. With a 4D research model that is define, design, develop, and desiminate. The quality of the effectiveness of learning devices is said to be effective based on the results of the pretest and posttest with an increase in the percentage of students' learning completeness from the pretest, which is 9.09% to the posttest, which is 68.1% in the good category and also measured its significance through the t-test with the results of t-count = 15.904 and t-table = 2.064, where t count > t table with the decision there is a significant difference.

Keywords: LKPD; Critical Thinking Ability; Creative Thinking Ability.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

20-12-2021

Cara Mengutip

Sabrina, A., Santoso, D., & Ananda, R. (2021). PENGEMBANGAN LKPD MODEL FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF . Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 174–182. Diambil dari https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan/article/view/84

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>