PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POGIL TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Penulis

  • Lisa Rahmadani Pohan UIN Sumatera Utara Medan
  • Sajaratud Dur UIN Sumatera Utara Medan
  • Reflina UIN Sumatera Utara Medan

Kata Kunci:

Representasi, Berpikir Kreatif, Model Pembelajaran POGIL

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada kelompok tinggi, kelompok sedang, dan kelompok rendah. Metodologi penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di UPTD SMP Negeri 1 Tanjung Tiram. Subjek penelitian terdiri dari 27 peserta didik kelas VII-1. Responden wawancara sebanyak 6 orang peserta didik yang berasal dari kelompok tinggi, kelompok sedang, dan kelompok rendah. Instrumen penelitian berupa observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model miles dan huberman. Teknik pengecekan keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi teknik. Hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) peserta didik yang memiliki kemampuan pemecahan masalah pada kategori kelompok tinggi mampu menerapkan keempat langkah-langkah pemecahan masalah matematis. (2) peserta didik yang memiliki kemampuan pemecahan masalah pada kategori kelompok sedang kurang mampu menerapkan keempat langkah-langkah pemecahan masalah matematis. (3) peserta didik yang memiliki kemampuan pemecahan masalah pada kategori kelompok rendah belum mampu menerapkan keempat langkah-langkah pemecahan masalah matematis.

ABSTARCT                This study aims to describe the mathematical problem solving ability of studentsin the high group, medium group, and low group. The research methodology usesqualitative research with a descriptive approach. This research was conducted in UPTD SMP Negeri 1 Tanjung Tiram. the research subjects consisted of 27 students of class VII-1. The interview respondents were 6 students who camefrom the high group, medium group, and low group.Research instruments in theform of observations, interviews, tests, and documentation. The data analysistechnique used is the Miles and Huberman model. The technique of checking thevalidity of the data used is triangulation technique. The results obtained that: (1) students who have problem solving skillss in the high group category are able toapply the four steps of solving mathematical problems, (2) students who haveproblem solving abilities in the medium group category are less able to apply thefour solving steps mathematical problem, (3) students who have problem solvingskills in the low group category have not been able to apply the four steps ofsolving mathematical problems.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abung, Febriansyah, dan Siska, A. (2021). Kemampuan Representasi Matematis dan Disposisi Berpikir Kreatif Berdasarkan Pembelajaran SAVI (somatic, auditory, visual and intellectually). Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M). 3 (2). 81–90. http://repository.radenintan.ac.id/13157/.

Cintia, N. I., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa. Perspektif Ilmu Pendidikan. 32 (1). 67–75.

https://doi.org/10.21009/pip.321.8

Hanson, D. M., Bunce, D., Creegan, F., Moog, R., Padwa, L., ..., Putri, V. W., Gazali, F., & Mata, L. E. (2020). Instructor’s Guide to Guided-Inquiry Learning by With Contributions from other POGIL project personnelௗ : Instructor’s Guide to Process-Oriented Guided …. In Journal of Multidisciplinary Research and Development (Vol. 3, Issue 2). https://www.proquest.com/dissertations-theses/effect-pogil-onchemistryeocscoresactscience/.

docview/2438715499/se2%0Ahttps://www.redibw./ links/unitu url_ver=Z39.882004&rft_val_fmt=info:ofi/fmt:kev:mtx:dissertation&gen re=dissertations&sid=ProQ:Publ.

Lintuman, A., & Wijaya, A. (2020). Keefektifan model pembelajaran berbasis inkuiri ditinjau dari prestasi belajar dan kepercayaan diri dalam belajar matematika siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 7 (1). 13–23.

https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i1.17878

Rahayu, L. D., & Kusuma, A. B. (2019). Peran Pendidikan Matematika di Era Globalisasi.

Prosiding Sendika. 534–541. https://scholar.google.com/scholar?oi=bibs&cluster=8656355767320957179&btnI

=1&hl=id

Ramziah, S. (2018). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas X2 SMAN 1 Gedung Meneng Menggunakan Bahan Ajar Matriks Berbasis Pendekatan Saintifik. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. 5 (2). 138–147. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.269.

Sabirin, M. (2014). Representasi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika. 1 (2). 33. https://doi.org/10.18592/jpm.v1i2.49.

Santri, F., Fakultas Tarbiyah, S., Tadris, D., & Bengkulu, I. (2017). Kemampuan Representasi Matematis Dan Kemampuan Pembuktian Matematika. Jurnal Edumath. 3 (1). 49–55. http://ejournal.stkipmpringsewu-lpg.ac.id/index.php/edumath

Sohilait, E. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika. In Pustaka Ramadhan.

Susana, Kadaritna, N., & Tania, L. (2018). Efektivitas Model POGIL untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Kesetimbangan Kimia. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia JPPK. 7(3). 63–74.

Unduhan

Diterbitkan

29-04-2023

Cara Mengutip

Pohan, L. R., Dur, S., & Reflina. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POGIL TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN BERPIKIR KREATIF SISWA. Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 258–263. Diambil dari https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan/article/view/857

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>