PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA

Penulis

  • Mardhiyah UIN Sumatera Utara Medan
  • Reflina UIN Sumatera Utara Medan
  • Ella Andhany UIN Sumatera Utara Medan

Abstrak

Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kemampuan Representasi dan Disposisi Matematis Siswa” yang dilatar belakangi bahwa kurangnya kemampuan siswa dalam merepresentasikan kembali ide-ide matematika yang berupa narasi kedalam bentuk sismbol-simbol matematika yang berupa tabel, gambar, grafik, dan persamaan lainnya. Dan kurangnya dorongan dan keinginan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran terutama pembelajaran matematika. Metode penelitian menggunakan quasi eksperimen yang melibatkan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Populasi peneltian adalah siswa MAN 3 Langkat dengan jumlah sampel 27 siswa kelompok sampel dan 28 siswa kelompok eksperimen. Teknik pengambilan sampel dipilih dengan teknik random Sampling. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan tes dan instrument. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning memberikan pengaruh terhadap kemampuan representasi matematis siswa dan model pembelajaran Project Based Learning memberikan pengaruh terhadap kemampuan disposisi matematis siswa

ABSTRACT          The research that has been conducted is entitled "The Influence of Project Based Learning Learning Models on Students Mathematical Representation and Disposition Ability" which is motivated by the lack of students ability to represent mathematical ideas in the form of narratives into the form of mathematical symbols in the form of tables, pictures, graphs, and other equations. And the lack of encouragement and desire of students in following the learning process, especially learning mathematics. The research method uses a quasi-experimental class involving the control class and the experimental class. The research population was students of MAN 3 Langkat with a total sample of 27 students in the sample group and 28 students in the experimental group. The sampling technique was selected using a random technique. Data collection techniques are using tests and instruments. The results of the study reveal that the Project Based Learning learning model has an influence on students mathematical representation abilities the Project Based Learning learning model has an influence on students mathematical disposition abilities

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Sumarmo, U. (2013). Berpikir dan Disposisi Matematik serta Pembelajaran. Bandung: FMIPA UPI.

Vebrianto, dkk. (2021). Bahan Ajar IPA Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL). Riau: DOTPLUS Publisher.

Syaban. (2008). Menumbuhkan Daya dan Disposisi Siswa SMA melalui Pembelajaran Invertigasi. Disertasi UPI Bandung: tidak diterbitkan.

Lestari, E. (2015). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiyah Pendidikan MIPA. 3(2). 115-125.

Wardani, S. (2008). Pembelajaran Inkuiri Model Silver untuk Mengembangkan Kreativitas dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekelolah Menengah Atas, Bandung: Disertasi UPI Bandung.

Sabirin, M. (2014). Representasi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika. 1(2). 33. https://doi.org/10.18592/jpm.v1i2.49 .

Rangkuti, A. (2014). Representasi Matemati. Forum Paedagogik. 6(1).

Hanifah. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS terhadap Keampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Perivat, 6(2). 124-129.

Unduhan

Diterbitkan

30-06-2023

Cara Mengutip

Mardhiyah, Reflina, & Andhany, E. (2023). PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA. Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 299–303. Diambil dari https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan/article/view/864

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 > >>