PERBEDAAN KBK DAN KKM SISWA DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PP DAN PMR
Kata Kunci:
Kemampuan Berpikir Kritis, Kemampuan Koneksi Matematika, Problem Posing, Pembelajaran Matematika Realistik (PMR)Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kbk dan kkm diajar dengan model problem posing dan PMR. Jenis penelitian ini adalah Eksperimen Murni. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA CERDA MURNI TEMBUNG tahun ajaran 2020-2021. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MIPA-1 (kelas Problem Posing) dan kelas X MIPA-2 (kelas PMR). Data dianalisis secara deskriptif dan menggunakan teknik Two Way ANAVA. Berdasarkan hasil data dan pembahasan diperoleh: 1) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Posing dengan siswa yang diajar menggunakan model Pembelajaran Matematika Realistik; 2) Terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing dengan siswa yang diajar dengan menggunakan model Pembelajaran Matematika Realistik.
ABSTRACK This study aims to determine the difference between kbk and kkm taught by problem posing and PMR models. This type of research is Pure Experiment. The population in this study were all students of SMA SMART AS MURNI TEMBUNG for the academic year 2020-2021. The samples in this study were class X MIPA-1 (Problem Posing class) and class X MIPA-2 (class PMR). The data were analyzed descriptively and using the Two Way ANOVA technique. Based on the results of the data and discussion obtained: 1) There are differences in the critical thinking abilities of students who are taught using the Problem Posing learning model with students who are taught using the Realistic Mathematics Learning model; 2) There are differences in the mathematical connection abilities of students who are taught using the Problem Posing learning model and students who are taught using the Realistic Mathematics Learning model.
Unduhan
Referensi
Soyomukti, N. (2013). Teori-Teori Pendidikan. AR-RUZZ MEDIA.
Erlyka, Djamilah. (2015). Keefektifan Pendekatan Problem Posing Ditinjau dari Prestasi Belajar, Kemampuan Koneksi Matematis, dan Disposisi Matematis”. (Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, ISSN: 1978-4538 10(1). 29.
Abdullah, I. H. (2013). Berpikir Kritis Matematik,. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 66–68.
S. Sugiman, R. A. (2016). Pengaruh Problem Posing dan PBL Terhadap Prestasi Belajar Dan Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1).
Misel, E. S. (2016). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematika Siswa”. Jurnal Pendidikan Ke SD-An, 2. 29.