PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMECAHAN MASALAH DENGAN MODEL SNOWBALL THROWING DAN SNOWBALL DRILLING
Kata Kunci:
Kemampuan Komunikasi, kemampuan Pemecahan Masalah, Snowball Throwing, Snowball DrillingAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dan Snowball Drilling. Metodologi penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik
pengambilan sampel yaitu Claster Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes berbentuk uraian. Analisis data dilakukan dengan MANOVA dan uji tindependent. Hasil kesimpulan (1) terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran snowball throwing dengan snowball drilling. 2) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran snowball throwing dengan snowall drilling 3) terdapat perbedaan secara tingkat kemampuan komunikasi dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran snowball throwing dan snowball drilling pada materi statistika dengan hasil perhitungan yaitu fhitung = 8,611 dan ftabel = 3,1153 berarti fhitung > ftabel maka Ha diterima.
ABSTRACT This study aims to determine the differences in Mathematical Communication Ability and Mathematical Problem Solving Ability of Students who are taught using the Snowball Throwing and Snowball Drilling Cooperative Learning Models. This research methodology uses quantitative research methods. The sampling technique is Cluster Random Sampling. The research instrument used was a test in the form of a description. Data analysis was performed by MANOVA and independent t-test. In the hypothesis test obtained (1) there is a difference in the mathematical communication abilities of students who are taught by the snowball throwing learning model with snowball drilling. 2) there are differences in the mathematical problem-solving abilities of students who are taught by the snowball throwing and snowall drilling learning model 3) there are differences in the level of communication skills and mathematical problem-solving abilities of students who are taught by the snowball throwing and snowball drilling learning models in statistical material with the calculation results, namely F_count=8,611 and F_table=3,1153 means F_count>F_table then H_a is accepted
Unduhan
Referensi
Daryanto, & Raharjo, M. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Grava Media.
Hayatun dan Ariawan, R. (2017). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dengan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Theorems, 1(2), 85-93.
Jaya, I. (2013). Penerapan Statistika Untuk Pendidikan. Medan: Pustaka Media Perintis.
Jaya, I. (2017). Evaluasi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.
Larasari, Susilowati, & Indriyanti. (2020). Efektifitas Model Pembelajaran Snowball Throwing dan Snowball Drilling Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau dari Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Kimia, 9(2), 201-210.
Lestari, P. P., Minarti, A., dan Sinaga, B. (2019). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMP Antara Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share( TPS) dan Pembelajaran Langsung. Paradikma Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 8-15.
Mukodi. (2018). Tela’ah Filosofil Arti Pendidikan dan Faktor-faktor Pendidikan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 14-20.
Nurdyansyah. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.