KEMAMPUAN PEMBUKTIAN MATEMATIS MAHASISWA
Kata Kunci:
Kemampuan Pembuktian Matematis, Studi LiteraturAbstrak
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk menganalisis kemampuan pembuktian matematis mahasiswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah menganalisis studi-studi kualitatif terkait kemampuan pembuktian matematis pada tahun 2014-2023. Metode penelitian yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) terhadap semua artikel hasil penelitian yang terindeks dalam Google Scholar dan Garuda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa dengan kemampuan tinggi dan sedang memiliki kemampuan membaca pembuktian matematis dan melakukan pembuktian matematis. Sedangkan untuk kemampuan mengkritik pembuktian dengan menambah, mengurangi atau menyusun kembali suatu pembuktian matematis untuk tiap kelompok mahasiswa masih belum nampak. Studi mayoritas dilakukan pada jenjang perguruan tinggi dan didominasi materi aljabar. Jenis pembuktian yang sering diteliti adalah pembuktian langsung.
ABSTRACT This research is descriptive research which aims to analyze students' mathematical proof abilities. The aim of this research is to analyze qualitative studies related to mathematical proof capabilities in 2014-2023. The research method used is Systematic Literature Review (SLR) of all research articles indexed in Google Scholar and Garuda. The research results show that students with high and moderate abilities have the ability to read mathematical proofs and carry out mathematical proofs. Meanwhile, the ability to criticize proofs by adding, subtracting or rearranging a mathematical proof for each group of students is still not visible. The majority of studies are carried out at university level and are dominated by algebra material. The type of proof that is often researched is direct proof.
Unduhan
Referensi
Ahmad, D., & Tasman, F. (2018). Analisis Pemahaman Mahasiswa Terhadap Pembuktian Pernyataan Matematika Pada Topik Grup Dengan Modul Berbasis Logika Pembuktian. Jurnal Edukasi dan Pendidikan Matematika, 202-208.
Angkotasan, a. a. (2021). analisis kemampuan pembuktian matematis mahasiswa melalui pendekatan deduktif pada mata kuliah geometri. jurnal pendidikan guru matematika, 110-117.
Arida, S. F., & Ikhsan, M. F. (2023). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa kelas V Sekolah Dasar di Desa Sukolilo Pati Terhadap Pengerjaan Soal Berbasis Pembuktian. Enggang : Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 1-8.
Azizah, U., Mutaqin, A., & Rafianti, I. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) TErhadap Kemampuan Pembuktian Matematis Dan Self-Effiacy Siswa. Tirtamath : Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika , 15-29.
Dewi, N. S., & Dasari, D. (2022). Systematic Literature Review: Kemampuan Pembuktian Matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika 7(1), 240-254.
Cut Multahadah, B. M. (2022). Kemampuan Pembuktian Matematis Mahasiswa Matematika Pada Mata Kuliah Teori Bilangan. Gamma-Pi: Jurnal Matematika dan Terapan 4(1), 36-40.
Erawati, N. K., & Purwati, N. K. (2020). KEMAMPUAN PEMBUKTIAN MATEMATIKA BERDASARKAN. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika 4(2), 109-120.
Ahmad, D., & Tasman, F. (2018). Analisis Pemahaman Mahasiswa Terhadap Pembuktian Pernyataan Matematika Pada Topik Grup Dengan Modul Berbasis Logika Pembuktian. Jurnal Edukasi dan Pendidikan Matematika, 202-208.
Angkotasan, a. a. (2021). analisis kemampuan pembuktian matematis mahasiswa melalui pendekatan deduktif pada mata kuliah geometri. jurnal pendidikan guru matematika, 110-117.
Arida, S. F., & Ikhsan, M. F. (2023). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa kelas V Sekolah Dasar di Desa Sukolilo Pati Terhadap Pengerjaan Soal Berbasis Pembuktian. Enggang : Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 1-8.
Azizah, U., Mutaqin, A., & Rafianti, I. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) TErhadap Kemampuan Pembuktian Matematis Dan Self-Effiacy Siswa. Tirtamath : Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika , 15-29.
Dewi, N. S., & Dasari, D. (2022). Systematic Literature Review: Kemampuan Pembuktian Matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika 7(1), 240-254.
Cut Multahadah, B. M. (2022). Kemampuan Pembuktian Matematis Mahasiswa Matematika Pada Mata Kuliah Teori Bilangan. Gamma-Pi: Jurnal Matematika dan Terapan 4(1), 36-40.
Erawati, N. K., & Purwati, N. K. (2020). KEMAMPUAN PEMBUKTIAN MATEMATIKA BERDASARKAN. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika 4(2), 109-120.
Fauziyah, N. (2014). Peningkatan Kemampuan Mahasiswa Dalam Pembuktian Teorema Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Jurnal Pendidikan Matematika, 1-18.
Herizal, Suhendra, & Nurlaelah, E. (2020). Pengaruh Kemampuan Memahami Bukti Matematis terhadap Kemapuan Mengonstruksi Bukti Matematis pada Topik Trigonometri. Suska Journal of Mathematics Education, 017-13.
Hodiyanto, U. D. (2018). Peningkatan Kemampuan Pembuktian Matematis Melalui Model Pembelajaran Problem Posing. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran 6(1), 128-137.
Krisna S. Perbowo, T. R. (2017). Pemetaan Kemampuan Pembuktian Matematis Sebagai Prasyarat Mata Kuliah Analisis Riil Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika 2(1), 81-90.
Lestari, K. E. (2015). Analisis Kemampuan Pembuktian Matematis Mahasiswa Menggunakan Pendekatan Induktif-Deduktif Pada Mata Kuliah Analisis Real. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran1(2), 128-135.
Maryono, I., Dewi, S. A., & Syaf, A. H. (2018). PENCAPAIAN KEMAMPUAN PEMBUKTIAN. Jurnal Analisa 4 (2), 72-82.
Mutaqin, A., Syamsuri, & Hendrayana, A. (2022). Analisis kesulitan mahasiswa dalam pembuktian matematis pada mata. TIRTAMATH: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika, 4(1), 1-11.
Novyta. (2022). Profil Kemampuan Pembuktian Matematis Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Aljabar Abstrak. THE OREMS 7(1), 56-64.
Sandri, M., & Arafahnisa, R. (2023). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kalkulus. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 805-812.
Siska Firmasari, H. S. (2019). Kemampuan Pembuktian Matematis Mahasiswa Menggunakan Induksi Matematika. Jpurnal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang 3(1), 1-9.
Supriadi, A. & Yunika L. N. (2022). Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa Pada Materi Distribusi Peluang . Indikita : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika 4(2), 14-25.
Tamba , K. P. (2021). Dampak Pendekatan Matriks Enam Sel untuk Meningkatkan Kemampuan Pembuktian Calon Guru Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 238-248.
Tudjuka, M. A., & Novianty, E. (202). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Pada Mata . CENDEKIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 217-228.