PENGARUH GROUP INVESTIGATION DAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Penulis

  • Lisa Arrahmah Rianto UIN Sumatera Utara Medan
  • Mara Samin Lubis
  • Ammamiarihta UIN Sumatera Utara Medan

Abstrak

Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dilakukan si SMP Swasta Nurul Hasanah Tembung dengan sampel yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VIII-1 (kelas yang menggunakan model Group Investigation) sebanyak 30 siswa dan kelas VIII-2 (kelas yang menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition) sebanyak 30 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen). Teknik pengambilan sample dengan cara Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar tes. Analisis data yang digunakan adalah uji paired sample t test dan uji independent t test. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Group Investigation terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan T hitung > T tabel atau 61,48 > 2,045 (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan T hitung > T tabel atau 111,92 > 1,699, (3) Terdapat perbedaan model Group Investigation dan Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan T hitung > T tabel atau 2,638 > 1,699.

ABSTARCT              This study aims to determine the effect of the Group Investigation and Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) models on students' critical thinking skills. This research was conducted at Nurul Hasanah Tembung Private Middle School with a sample consisting of 2 classes, namely class VIII-1 (class using the Group Investigation model) of 30 students and class VIII-2 (class using the Cooperative Integrated Reading and Composition model) of 30 student. The method used in this research is quasi-experimental research (Quasi Experiment). Sampling technique by means of Cluster Random Sampling. The instrument used to collect data is a test sheet. The data analysis used was the paired sample t test and the independent t test. The results of the study revealed that (1) there was an
effect of the Group Investigation learning model on students' critical thinking skills with T count > T table or 61.48 > 2.045 (2) there was an influence of the Cooperative Integrated Reading and Composition learning model on students' critical thinking skills with > T table or 111.92> 1.699, (3) There are differences in the Group Investigation and Cooperative
Integrated Reading and Composition models for students' critical thinking skills with T count> T table or 2.638> 1.699.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ansori, M. 2019. Dalam UU Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003. Kediri: IAIFA PRESS.

Agus, I dan Purnama, A.N. (2022). “Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa: Studi pada Siswa SMPN Satu Atap”. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. 7(1). Pp 65-74.

Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta:Ar-Ruzz Media. Huda, M. (2014). Model-model pembelajaran Isu-Isu Metodis Dan Pradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Nuryanti, L, dkk. (2018) “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP”. Jurnal Pendidikan:Teori, Penelitian dan Pengembangan. 3(2). PP 155-158.

Ruyaliningsih. (2017). Pengaruh Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Coposition (CIRC) Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika. ISSN 2477-2348. h.211-218.

Sulistianingsih, N. dan Amir, M.F (2021), Penerapan Model Group Investigation untuk Meningkatkan Performa Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Numerecy. Vol 8. No.2. h.128-142.

Unduhan

Diterbitkan

29-04-2023

Cara Mengutip

Arrahmah Rianto, L., Lubis, M. S., & Ammamiarihta. (2023). PENGARUH GROUP INVESTIGATION DAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS. Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 228–232. Diambil dari https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan/article/view/846

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>